dc.description.abstract | Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi siswa yang tidak mampu
menghubungkan apa yang mereka pelajari dengan bagaimana pengetahuan tersebut
akan dipergunakan dan dimanfaatkan. Selain itu terdapat tuntutan kurikulum untuk
merubah pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru
Tujuan penelitian ini adalah:
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 3 Bondowoso pada kelas X.2
tujuh kelompok yang heterogen. Penelitian ini menggunakan teknik quasi
eksperimen. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, dan wawancara. Untuk
hasil belajar kognitif, data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas
menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan
uji homogenitas
Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 30 April sampai dengan 11 Mei 2012.
Data yang dikumpulkan yaitu penilaian aktivitas guru, aktivitas siswa dan tes
individu. Untuk pengaruh PjBL terhadap hasil belajar kognitif diperoleh hasil sebesar
25,84±5,13 pada kelas kontrol dan 35,4±1,26 pada kelas eksperimen. Dari hasil
analisis diperoleh signifikansi sebesar 0,005
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran PjBL di SMA
Negeri 3 Bondowoso berpengaruh terhadap hasil belajar Biologi dan aktivitas siswa. | en_US |