• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kajian Kelayakan Penyajian Buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX Terbitan Kemendikbud Edisi Revisi 2018

    Thumbnail
    View/Open
    SUSANTI TRY APRILIANI - 170210402043.pdf (5.484Mb)
    Date
    2021-06-21
    Author
    APRILIANI, Susanti Try
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018 merupakan salah satu buku teks yang digunakan sebagai sarana dalam pembelajaran. Kriteria buku teks yang berkualitas harus memenuhi standar BSNP salah satunya, yaitu harus mempertimbangkan aspek kelayakan penyajian. Akan tetapi, kelayakan buku teks pelajaran yang beredar di sekolah tidak semua sesuai dengan standar yang berlaku. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan penyajian khususnya pada teknik penyajian dan penyajian pembelajaran pada buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018. Tujuan penelitian ini untuk menelaah kelayakan penyajian khususnya terhadap: (1) teknik penyajian pada buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018; (2) penyajian pembelajaran pada buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018. Jenis penelitian ini adalah analisis konten deskriptif dengan rancangan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah data gambar dan data tulis berupa materi yang ada dalam buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018, serta KI dan KD kurikulum 2013. Sumber data dalam penelitian adalah buku bahasa Indonesia untuk SMP Kelas IX terbitan Kemendikbud edisi revisi 2018 dan KI dan KD kurikulum 2013. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, sedangkan analisis data ini menggunakan tiga alur, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan/verifikasi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/110039
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository