Show simple item record

dc.contributor.authorARIYANI, Maulidiya Irma
dc.date.accessioned2022-10-10T12:22:35Z
dc.date.available2022-10-10T12:22:35Z
dc.date.issued2021-01-25
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109990
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 10 Oktober 2022en_US
dc.description.abstractProblem Based Learning (PBL) merupakan salah satu metode pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi kurikulum 2013. Penerapan metode pembelajaran PBL dalam pembelajaran dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual. Pada pembelajaran ini siswa berperan aktif, guru hanya menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan, memfasilitasi penyelidikan dan memberikan bimbingan serta motivasi pada siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran konvensional dengan PBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD? Berdasarkan rumusan masalah yang telah dijelaskan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode pembelajaran PBL terhadap hasil belajar siswa kelas IV Tema 6 sub tema 1 di SD. Penelitian yang dilaksanakan di SDN Bermi 2 Probolinggo, dilaksanakan sejak tanggal 11-22 Januari 2019. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IVA berjumlah 21 siswa dan IVB terdiri dari 21 siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan pola eksperimen semu menggunakan desain Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan berupa nilai setelah perlakuan pada ranah kognitif pada kelas eksperimen dan kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas kelas IVA sebagai kelas kontrol dan IVB sebagai kelas eksperimen. Langkah awal yang dilakukan sebelum menentukan kelas eksperimen dan kontrol yaitu melakukan uji homogenitas. Uji homogenitas dilakukan menggunakan nilai pretest siswa kelas IVA dan IVB. Berdasarkan hasil uji homogenitas yang telah dilakukan pada kedua kelas, dapat diketahui nilai signifikansi (sig) adalah sebesar 0.816, karena nila sig 0.816 lebih besar daripada 0,05 (0,816 > 0,05). Jadi dapat disimpulkan bahwa kedua kelas tersebut yaitu kelas IVA dan IVB tingkat kemampuan siswa sebelum diberikan perlakukan kondisinya adalah homogen. Data yang dianalisis pada penelitian ini adalah nilai posttest yang diperoleh setelah diberikan perlakuan atau treatment pada kelas eksperimen (IVB) dan kontrol (IVA) menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan dengan program SPSS versi 22, diperoleh nilai rata-rata nilai posttest ranah kognitif pada kelas eksperimen sebesar 77,63, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas kontrol sebesar 57,27. Hasil perhitungan uji-t menggunakan program SPSS versi 22 diperoleh hasil thitung sebesar 7.323. Hasil tersebut kemudian disesuaikan dengan ttabel, diketahui db (21 + 21) - 2 = 40 pada taraf signifikansi 5%, sehingga diperoleh nilai tabel = 2,021. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 7,323 > 2,021. Perhitungan uji keefektifan relatif (ER), dapat diketahui bahwa pencapaian hasil belajar siswa ranah kognitif dengan menerapkan metode pembelajaran PBL saat pembelajaran menunjukkan hasil 69% lebih efektif jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menerapkan metode konvensional dalam pembelajaran tema cita-citaku. Uji keefektifan relatif (ER) dari ranah kognitif sebesar 69% menunjukkan kategori keefektifan tinggi. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode pembelajaran PBL lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan metode belajar konvensional.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. M. Sulthon, M.Pd. Dosen Pembimbing Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPengaruh Metodeen_US
dc.subjectProblem Based Learningen_US
dc.subjectasil Belajaren_US
dc.subjectCita Citakuen_US
dc.titlePengaruh Metode Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Tema 6 Cita Citaku di SDN Bermi 2 Probolinggoen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record