| dc.contributor.author | RAHMAWATI, Veria |  | 
| dc.date.accessioned | 2022-10-10T06:59:20Z |  | 
| dc.date.available | 2022-10-10T06:59:20Z |  | 
| dc.date.issued | 2021-09-30 |  | 
| dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109963 |  | 
| dc.description.abstract | Pada pembelajaran kurikulum 2013, guru diwajibkan untuk membangun 
suasana pembelajaran yang tidak membosankan dan bermakna bagi siswa.
Pelaksanaan pembelajaran tematik akan lebih bermakna dan efektif apabila 
diaplikasikan pada model pembelajaran yang tepat dan relevan. Model 
pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 
adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Pembelajaran Quantum Teaching
bertujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menciptakan 
lingkungan belajar yang efektif serta meningkatkan motivasi dan minat belajar 
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh 
model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 
Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan IPA.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain 
penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pola 
penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di 
SDN Dukuhdempok 05 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember pada semester 
genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di 
SDN Dukuhdempok 05 Jember yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA (20 
siswa) dan kelas IVB (20 siswa).
Persyaratan yang harus dilakukan dalam uji statistik parametrik adalah 
uji homogenitas dan uji normalitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui 
tingkat kemampuan siswa yang akan dijadikan sebagai subyek penelitian 
homogen (sama) atau tidak. Perhitungan uji homogenitas dengan bantuan SPSS 
versi 23 diperoleh hasil t0 = 0,234 dan diketahui F=1,464 taraf signifikansi 5%, 
sehingga disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen. Syarat selanjutnya yaitu 
uji normalitas yang bertujuan untuk mengetahui apakah sampel yang diteliti 
berdistribusi normal atau tidak. Perhitungan uji normalitas menggunakan uji 
Shapiro-Wilk dengan bantuan SPSS versi 23 memperoleh hasil nilai signifikansi 
kelas eksperimen sebesar 0,120 dan nilai signifikansi kelas kontrol sebesar 0,681 
taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok 
berdistribusi normal. 
Hal yang dilakukan setelah selesai melakukan perlakuan dan penilaian
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menganalisis data hasil selisih 
dari nilai pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji independent sample t-test
dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,591 dan 
ttabel sebesar 2,024 lalu dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% dengan df=38, 
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan 
model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 
Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan IPA atau Ho ditolak dan diterima. Selanjutnya, hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa pencapaian hasil 
belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Quantum 
Teaching lebih efektif 57,8 dibandingkan penerapan model pembelajaran 
kooperatif dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru yaitu 
ceramah, diskusi, dan penugasan. 
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan 
bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Quantum Teaching terhadap 
hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan 
IPA. | en_US | 
| dc.description.sponsorship | Drs. Nuriman, Ph.D. (Dosen Pembimbing)
Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. (Dosen Pembimbing) | en_US | 
| dc.language.iso | other | en_US | 
| dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US | 
| dc.subject | Model Quantum Teaching | en_US | 
| dc.title | Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap  Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Jember Pada Materi Muatan IPA | en_US | 
| dc.type | Other | en_US | 
| dc.identifier.finalization | Finalisasi unggah file repository tanggal 10 Oktober 2022_M. Arif Tarchimansyah | en_US |