Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Jember Pada Materi Muatan IPA
Abstract
Pada pembelajaran kurikulum 2013, guru diwajibkan untuk membangun
suasana pembelajaran yang tidak membosankan dan bermakna bagi siswa.
Pelaksanaan pembelajaran tematik akan lebih bermakna dan efektif apabila
diaplikasikan pada model pembelajaran yang tepat dan relevan. Model
pembelajaran yang relevan dengan pembelajaran tematik pada kurikulum 2013
adalah model pembelajaran Quantum Teaching. Pembelajaran Quantum Teaching
bertujuan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menciptakan
lingkungan belajar yang efektif serta meningkatkan motivasi dan minat belajar
siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN
Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan IPA.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pola
penelitian non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di
SDN Dukuhdempok 05 Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember pada semester
genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di
SDN Dukuhdempok 05 Jember yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas IVA (20
siswa) dan kelas IVB (20 siswa).
Persyaratan yang harus dilakukan dalam uji statistik parametrik adalah
uji homogenitas dan uji normalitas. Uji homogenitas bertujuan untuk mengetahui
tingkat kemampuan siswa yang akan dijadikan sebagai subyek penelitian
homogen (sama) atau tidak. Perhitungan uji homogenitas dengan bantuan SPSS
versi 23 diperoleh hasil t0 = 0,234 dan diketahui F=1,464 taraf signifikansi 5%,
sehingga disimpulkan bahwa kedua kelompok homogen. Syarat selanjutnya yaitu
uji normalitas yang bertujuan untuk mengetahui apakah sampel yang diteliti
berdistribusi normal atau tidak. Perhitungan uji normalitas menggunakan uji
Shapiro-Wilk dengan bantuan SPSS versi 23 memperoleh hasil nilai signifikansi
kelas eksperimen sebesar 0,120 dan nilai signifikansi kelas kontrol sebesar 0,681
taraf signifikansi 5%, sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok
berdistribusi normal.
Hal yang dilakukan setelah selesai melakukan perlakuan dan penilaian
pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah menganalisis data hasil selisih
dari nilai pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji independent sample t-test
dengan bantuan SPSS versi 23 menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 2,591 dan
ttabel sebesar 2,024 lalu dikonsultasikan pada taraf signifikansi 5% dengan df=38,
sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan
model Quantum Teaching terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN
Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan IPA atau Ho ditolak dan diterima. Selanjutnya, hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa pencapaian hasil
belajar siswa kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Quantum
Teaching lebih efektif 57,8 dibandingkan penerapan model pembelajaran
kooperatif dengan metode pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru yaitu
ceramah, diskusi, dan penugasan.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penerapan Quantum Teaching terhadap
hasil belajar siswa kelas IV SDN Dukuhdempok 05 Jember pada materi muatan
IPA.
Collections
- UT-Faculty of Law [6214]