• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Berdasarkan Taksonomi SOLO pada Materi Program Linear Ditinjau dari Tipe Kepribadian DISC (Dominant, Influence, Steady, Compliance)

    Thumbnail
    View/Open
    VALENTINE PUTRI - 170210101023.pdf (5.204Mb)
    Date
    2021-06-26
    Author
    PUTRI, Valentine
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permasalahan matematika tidak dapat dipisahkan dari ilmu selain matematika dan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Materi-materi yang terdapat dalam matematika juga memiliki keterkaitan satu sama lain. Oleh sebab itu, dalam memecahkan berbagai permasalahan matematika, sangat diperlukan kemampuan untuk mengoneksikan bagian satu dengan bagian yang lainnya. Tingkat kemampuan koneksi matematis siswa dapat dikelompokkan menggunakan taksonomi SOLO (Structure of Observed Learning Outcomes) yang terdiri atas lima tingkatan, yaitu prastruktural, unistruktural, multistruktural, relasional, dan abstrak diperluas. Kemampuan siswa dalam memecahkan suatu permasalahan matematika berbeda-beda. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan tipe kepribadian (Kamilia, dkk., 2018). Tipe kepribadian menurut William Moulton Marston diklasifikasikan menjadi empat macam, yaitu Dominant (D), Influence (I), Steady (S), dan Compliance (C). Sesuai dengan empat tipe kepribadian DISC, maka cara berpikir dan kemampuan koneksi matematis siswa dalam memecahkan permasalahan matematika yang berkaitan dengan materi Program Linear juga akan berbeda. Berdasarkan paparan tersebut, dilakukan penelitian tentang kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi Program Linear ditinjau dari tipe kepribadian DISC (Dominant, Influence, Steady, Compliance). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa berdasarkan taksonomi SOLO pada materi Program Linear ditinjau dari tipe kepribadian DISC (Dominant, Influence, Steady, Compliance). Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian jenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Probolinggo dengan subjek penelitian adalah 26 siswa kelas XI Matematika dan Ilmu Alam (MIA) 1. Responden wawancara terdiri atas 12 siswa yang dipilih secara acak mewakili masing-masing tingkatan taksonomi SOLO dan masing-masing tipe kepribadian DISC. Instrumen yang digunakan adalah angket tipe kepribadian DISC, soal tes koneksi matematis materi Program Linear, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Pengambilan data dilaksanakan pada tanggal 25 Maret - 6 April 2021. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dominant pada tingkatan unistruktural hanya mampu memenuhi indikator memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi. Siswa dominant pada tingkatan multistruktural mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika serta memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi. Siswa dominant pada tingkatan relasional mampu memenuhi indikator memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi serta mengenali dan mengaplikasikan koneksi antara konsep matematika dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa influence pada tingkatan unistruktural mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika serta memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi. Siswa influence pada tingkatan relasional mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika, memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi, serta mengenali dan mengaplikasikan koneksi antara konsep matematika dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa steady pada tingkatan unistruktural hanya mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika. Siswa steady pada tingkatan multistruktural hanya mampu memenuhi indikator memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi. Siswa steady pada tingkatan relasional mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika serta memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi. Siswa steady pada tingkatan abstrak diperluas mampu memenuhi indikator memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi serta mengenali dan mengaplikasikan koneksi antara konsep matematika dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa compliance pada tingkatan unistruktural hanya mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika. Siswa compliance pada tingkatan multistruktural mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika serta mengenali dan mengaplikasikan koneksi antara konsep matematika dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa compliance pada tingkatan relasional mampu memenuhi indikator mengenali dan memanfaatkan koneksi antar konsep-konsep matematika, memahami bagaimana hubungan antar konsep matematika saling terkoneksi, serta mengenali dan mengaplikasikan koneksi antara konsep matematika dengan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109934
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository