• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Patrang 01 Jember pada Masa Pembelajaran Daring

    Thumbnail
    View/Open
    RIZKA DAMAIYANTI - 170210204143.pdf (2.111Mb)
    Date
    2021-06-30
    Author
    DAMAIYANTI, Rizka
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil wawancara yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 9 September 2020 dengan wali kelas I SDN Patrang 01 Jember, diperoleh informasi bahwa banyak terdapat siswa yang masih tidak mampu membaca teks atau dapat dikatakan belum memiliki kemampuan membaca yang baik. Kebanyakan siswa masih terbata-bata dalam membaca, kurang tepat dalam melafalkan kata, intonasi, serta memberikan jeda yang cukup panjang pada setiap suku kata, karena mengalami kesulitan dalam mengeja kata. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 Jember pada masa pembelajaran daring? dan (2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 Jember pada masa pembelajaran daring? Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Metode dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data dokumentasi video kegiatan membaca teks yang telah dikirimkan oleh setiap siswa melalui whatsaapp. Metode wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi terkait faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan ssiswa berdasrkan pernyataan dari guru kelas dan wali murid melalui video call WA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN Patrang 01 Jember pada masa pembelajaran daring termasuk dalam kategori cukup. Beberapa aspek membaca permulaan belum dikuasai secara maksimal oleh siswa. Persentase aspek kemampuan membaca permulaan yang tertinggi adalah aspek pelafalan sebesar 30,41%, siswa sudah cukup memiliki kemampuan yang baik dalam melafalkan kata dengan tepat sesuai dengan susunan hurufnya meskipun cara membacanya masih kurang lancar dan intonasi serta ekspresinya masih kurang tepat. Persentase kemampuan membaca permulaan terendah yaitu aspek ekspresi sebesar 18,75%, mayoritas siswa masih belum mampu menunjukkan ekspresi yang sesuai dengan teks bacaan yang sedang dibaca. Ekspresi terfokus pada usaha siswa dalam mengeja kata demi kata,sehingga terlihat kurang ekspresif. Kemampuan membaca permulaan dari 28 siswa hanya 2 orang saja dengan persentase 7,14% yang termasuk dalam kategori sangat baik karena sudah mampu membaca sesuai dengan semua aspek-aspek membaca permulaan, 5 siswa dengan persentase 17,85% masuk pada kategori baik karena sebagian besar sudah mampu membaca teks sesuai dengan aspek-aspek membaca permulaan, 13 siswa dengan persentase 46,42% masuk pada kategori cukup karena sebagian kecil mampu membaca teks sesuai dengan aspek-aspek membaca permulaan, dan 8 siswa dengan persentase 28,75% masuk pada kategori kurang karena belum mampu memperhatikan dan kurang memenuhi aspek membaca permulaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa yaitu: (1) faktor lingkungan, faktor ini menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi kemampuan membaca permulaan siswa, karena orang tua tidak mampu menggantikan peran guru untuk melakukan pendampingan belajar secara maksimal kepada siswa, (2) faktor psikologis, siswa yang masuk pada kategori sangat baik dan baik memiliki motivasi belajar dan minat baca yang tinggi, sedangkan siswa yang masuk pada kategori kurang, memiliki motivasi belajar yang kurang karena lebih senang bermain daripada berlatih membaca teks, dan (3) faktor intelektual, siswa yang masuk pada kategori membaca sangat baik pada dasarnya memiliki tingkat kecerdasan yang baik, sehingga lebih cepat dalam pengausaan keterampilan membaca. Begitu juga sebaliknya. Adapun saran yang dapat diberikan kepada guru yaitu pada pembelajaran membaca permulaan harus memperhatikan metode-metode pembelajaran membaca permulaan dan dapat memberikan inovasi kegiatan pembelajaran selama masa pembelajaran daring agar kemampuan membaca permulaan siswa selanjutnya dapat terlatih, terasah, dan menjadi semakin baik. Bagi peneliti lain, disarankan untuk memilih materi yang berkelanjutan pada penelitian ini agar terdapat kesinambungan dalam penelitian, serta perlu diperhatikan terkait dengan pengumpulan video oleh siswa, karena hal tersebut dapat berdampak pada waktu penelitian yang bisa lebih panjang
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109914
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository