Show simple item record

dc.contributor.authorRobiatul Adawiyah
dc.date.accessioned2013-12-20T02:53:17Z
dc.date.available2013-12-20T02:53:17Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM090210204220
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10985
dc.description.abstractHasil penelitian menunjukkan kegiatan pembelajaran menyimak kurang mendapatkan perhatian akibat adanya asumsi bahwa keterampilan menyimak dengan sendirinya akan berkembang dari belajar berbicara saja. Akibatnya sering ditemukan siswa tampak serius menyimak pejelasan guru namun disaat ditanya mereka tidak mampu menjawab. Kegiatan menyimak dianggap penting, agar siswa mampu memahami pesan yang disampaikan orang lain, baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Hasil belajar siswa baik secara individu maupun klasikal masih di bawah kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan yaitu 65. Dari jumlah 20 siswa, sekitar 35% yang mendapatkan nilai 65 atau lebih Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan dan peningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas 3 SDN Tempurejo 06 melalui media audio berbantuan LKM. Untuk mengatasi permasalahan diatas dibutuhkan media audio berbantuan LKM agar siswa tertarik dan bersemangat untuk mengikuti pembelajaran menyimak cerita serta mempermudah siswa dalam membuat ringkasan cerita. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : 1. Penerapan media audio berbantuan LKM dalam proses pembelajaran menyimak cerita yang dipandang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas III SDN Tempurejo 06, 2. Hasil belajar menyimak cerita kelas III SDN Tempurejo 06 melalui media audio berbantuan LKM. Rancangan penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kela dan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Data penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Data yang dianalisis secara kualitati f adalah data yang diperoleh dari hasil observasi, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil tes berupa nilai siswa dalam menyimak cerita. Instrumen penelitian dalam penelitian ini ada dua jenis, yaitu : 1. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi, lembar tugas menyimak, dan lembar pedoman wawancara, 2. Instrumen analisis data berupa perbandingan hasil observasi dan hasil penilaian dari tes menyimak cerita oleh siswa pada pra siklus, siklus I, dan siklus II. Langkah penerapan media audio berbantuan LKM pada keterampilan menyimak cerita adalah 1) Hasil belajar menyimak cerita siswa kelas III mengalami peningkatan, ketentuan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada tahap pra siklus siswa yang mencapai ketuntasan nilai menyimak cerita sebanyak 7 siswa Saran peneliti, berdasarkan hasil penelitian, untuk selanjutnya supaya pada media audioen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204220;
dc.subjectMedia Audio Berbantuan LKMen_US
dc.titleMENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA PADA SISWA KELAS III SDN TEMPUREJO 06 TAHUN PELAJARAN 2011/2012 MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKM MELALUI MEDIA AUDIO BERBANTUAN LKMen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record