• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran Daring di TK Arni Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Syafira Lubna Hanim - 170210205052.pdf (1.985Mb)
    Date
    2021-08-16
    Author
    HANUM, Syafira Lubna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Manajemen pembelajaran merupakan kegiatan mengelola, mengatur proses belajar mengajar agar tercapainya proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Manajemen pembelajaran berkaitan dengan standar proses pembelajaran. Standar proses pembelajaran di PAUD telah dijabarkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 137 Tahun 2014 Pasal 11 dimana manajemen pembelajaran di sekolah mencakup kegiatan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Masa pandemi COVID-19 membuat kepala sekolah kesulitan dalam pelaksanaan supervisi. Sebelum pandemi kegiatan supervisi di TK ARNI Kabupaten Jember dilaksanakan oleh kepala sekolah melalui teknik kunjungan kelas sehingga dapat melihat secara langsung bagaimana interaksi guru dengan peserta didik di kelas. Namun sejak terjadi pandemi pelaksanaan supervisi hanya dilakukan oleh kepala sekolah melalui diskusi bersama. Meskipun demikian, pelaksanaan supervisi di TK ARNI Kabupaten Jember tetap dilaksanakan secara rutin. Oleh karena itu penelitian ini akan menjawab rumusan masalah yakni bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap manajemen pembelajaran daring di TK ARNI Kabupaten Jember. Dengan tujuan penelitian untuk mengidentifikasi bagaimana pelaksanaan supervisi yang dilakukan kepala sekolah terhadap manajemen pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan selama bulan April-Juni 2021 di TK ARNI Kabupaten Jember. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Terdapat empat langkah dalam melakukan analisis data yang telah didapatkan selama penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi didapatkan bahwa dalam pengelolaan pembelajaran daring yang mencakup perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran sedikit berbeda dengan saat situasi normal. Guru tidak bisa melakukan interaksi langsung dengan peserta didik sehingga kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi tidak dapat melihat interaksi tersebut secara langsung. Kegiatan supervisi terdiri dari perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, tindak lanjut supervisi dan laporan hasil supervisi. Di TK ARNI Kabupaten Jember supervisi dilakukan melalui teknik kelompok yaitu melalui diskusi atau sharing. Melalui sharing rutin setiap harinya, akhirnya guru dan kepala sekolah memutuskan untuk melakukan sedikit perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Kelas A dilakukan pembelajaran melalui videocall bersama guru, sedangkan untuk kelas B dilaksanakan pembelajaran secara tatap muka di rumah guru kelas masing-masing dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, supervisi dilakukan untuk memberikan bantuan ataupun bimbingan kepada guru dalam mengatasi kesulitan yang dimiliki sehingga dapat mengembangkan potensi-potensi yang dimilikinya sehingga nantinya dapat direalisasikan dalam perbaikan pengelolaan kegiatan pembelajaran. Dengan demikian supervisi penting untuk dilakukan karena melalui supervisi dapat melihat efektivitas kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran menjadi lebih baik dan terencana.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109813
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15633]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository