dc.description.abstract | Model pembelajaran CLIS (Children’s Learning in Science) merupakan
model pembelajaran yang menekankan pada pembangunan ide-ide oleh siswa.
Model pembelajaran ini memiliki kelebihan mengajak siswa untuk
mengaplikasikan ilmu yang telah mereka pelajari di lingkungan sekitar. Selain itu
juga mengajak peserta didik untuk mengembangkan dan menyusun ide-ide serta
gagasan mereka sendiri, dan cara mereka memadukan ide- ide dan gagasan akan
tergantung pada pengetahuan awal yang mereka miliki (Levinson, 1994:98).
Sehingga sangat cocok untuk digunakan pada sub topik pencemaran lingkungan
dan pembuatan produk daur ulang karena materi yang dipelajari berkaitan dengan
lingkungan di sekitar siswa sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
CLIS terhadap aktivitas siswa yang berupa oral activity, writing activity, motor
activity, dan mental activity. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap hasil belajar siswa yang berupa
kognitif, afektif, dan psikomotor.
Penelitian dilakukan pada bulan Mei minggu pertama hingga minggu
ketiga tahun 2012. Penelitian dimulai dengan melaksanakan salah satu tahap
lesson study yaitu plan yang dilaksanakan oleh peneliti, guru, dan observer untuk
merencanakan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan. Kemudian dilakukan
tahap do yang merupakan observasi di kelas. Selanjutnya, dilakukan tahap see
untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan. Data yang
diperoleh, dianalisis dengan menggunakan independent sample t-test dan
ANAKOVA.
Hasil analisis data untuk mengetahui pengaruh terhadap aktivitas siswa
dengan menggunakan independent sample t-test adalah t
=7,95 lebih besar dari
t
0,05
=1,671
,
test
sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh positif yang
lebih baik dari model pembelajaran konvensional. Kemudian analisis data dengan
menggunakan ANAKOVA untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar
kognitif produk adalah nilai F=5,469 (p<0,05) sehingga model pembelajaran
CLIS memberikan pengaruh positif yang lebih baik daripada model pembelajaran
konvensional. Sedangkan hasil analisis menggunakan independent sample t-test
pada kognitif proses adalah t
test
=8,481 lebih besar dari t
=1,671, pada afektif
nilai t
test
=4,883 lebih besar dari t
0,05
0,05
=1,671, dan psikomotor nilai t
=11,47 lebih
besar dari t
0,05
test
=1,67, sehingga model pembelajaran ini memberikan pengaruh
positif pada hasil belajar kognitif proses, afektif, dan psikomotor yang lebih baik
daripada model pembelajaran konvensional.
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah
terdapat pengaruh model pembelajaran CLIS terhadap aktivitas dan hasil belajar
siswa melalui Lesson study dalam bidang biologi kelas X semester genap tahun
pelajaran 2011/2012 di SMA Negeri 1 Jember. | en_US |