PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKAT KAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA POKOK BAHASAN MENELADANI PATRIOTISME PAHLAWAN PADA SISWA KELAS IV SUMBERSALAK 05 LEDOKOMBO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Dalam  proses  pembelajaran  harus  terjalin  komunikasi  yang  baik  antara
guru dan siswa. Penggunaan model pembelajaran yang sama secara terus menerus
dapat  menimbulkan kejenuhan  dalam  diri  siswa.  Hal  ini  menyebabkan  siswa
malas,  bosan  dan  kurang  tertarik  untuk  mengikuti  pelajaran  IPS  dan  berdampak
pada  hasil  belajar  yang  rendah.  Untuk  menarik  minat  siswa,  maka  guru  harus
menggunakan  model  pembelajaran  yang sesuai  dengan karakteristik  pokok
bahasan yang diajarkan. Bedasarkan data hasil belajar siswa dan wawancara awal
dengan  guru kelas  IV SDN Sumbersalak 05, diperoleh keterangan bahwa tingkat
pemahaman siswa terhadap pelajaran IPS masih kurang. Hal ini terbukti dari hasil
ulangan  20  siswa terdapat  14  Siswa  atau  70%    mendapat  nilai  di  bawah  kriteria
ketuntasan  yang  ditetapkan  di  SDN  Sumbersalak  05,  yaitu  65.  Aktivitas siswa
sebelum  penelitian  belum  berhasil  baik.  Dalam  proses  belajar  mengajar  siswa
hanya kurang terlibat secara keseluruhan.
Rumusan  masalah  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah:  (1)
bagaimanakah penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan aktivitas
belajar IPS pokok bahasan meneladani patriotisme pahlawan semester gasal siswa
kelas  IV  SDN  Sumbersalak 05  kecamatan  Ledokombo  Jember?,  (2)
bagaimanakah  penerapan  model Quantum  Teaching dapat  meningkatkan  hasil
belajar siswa?. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas
belajar  siswa  dalam  mata  pelajaran  IPS  pokok  bahasan  meneladani patriotisme
pahlawan  semester  gasal  siswa  kelas  IV  SDN  Sumbersalak  05  kecamatan
Ledokombo  Jember.  (2)  Untuk  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dalam  mata
pelajaran IPS pokok bahasan meneladani patriotisme pahlawan.Pengambilan  data  dilaksanakan  di  SDN  Sumbersalak  05  kelas  IV  yang
terdiri dari 20 siswa, 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian
ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas yang  dilakukan  sebanyak  2  siklus.  Metode
pengumpulan  data  melalui  observasi, wawancara,  tes  dan  dokumentasi.  Teknik
analisis  data yang digunakan  adalah  kualitatif  dan  kuantitatif.  Pengambilan  data
dilakukan  mulai  tanggal  20  Juli  2011  sampai  25  Juli  2011.  Data  yang
dikumpulkan berupa aktivitas siswa, aktivitas guru, dan hasil nilai harian siswa.
Penerapan  model Quantum  Teaching dimulai  dari  tahap  guru  mengajar,
siswa  belajar  berkelompok,  melakukan  diskusi,  melakukan  presentasi  dan  guru
memberikan penghargaan. Pada tahap mengajar, guru menjelaskan tentang materi
pahlawan  nasional  dengan  jelas.  Awalnya  guru  mengalami  kesulitan  dalam
menerapkan model pembelajaran namun dipertemuan selanjutnya guru sudah bisa
kesulitan yang dihadapi. Hasil observasi aktivitas guru dalam menjelaskan materi
memperoleh  persentase  100%.  Pada  tahap  belajar  kelompok,  siswa  mengerjakan
LKS  dengan berdiskusi.  Siswa  dapat  melakukan  diskusi  dengan  baik  dengan
bimbingan guru. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran
ketika  mengetahui  guru  akan  memberikan  penghargaan  kepada  siswa  yang
berprestasi atau mendapat nilai yang baik.
Setelah  pelaksanaan  tindakan  rata-rata  aktivitas  belajar  di  setiap  siklus
meningkat,  pada  siklus  I  rata-rata  aktivitas  siswa  sebesar  70,83%  menjadi  80%
pada  siklus  II.  Hasil  belajar  siswa  juga  meningkat  dari  70,25%  pada  siklus  I
menjadi  85%  pada  sikus  II,  maka ketuntasan  hasil  belajar  siswa  adalah  77,63%.
Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  dengan  penerapan  model  pembelajaran
Quantum  Teaching aktivitas  belajar  siswa  meningkat  dari  siklus  I  ke  siklus  II
sebesar  9,2%  dan  hasil  belajar  juga  meningkat  dari  siklus I  ke  siklus  II  sebesar
14,5%.  Saran  yang  perlu  dipertimbangkan  baik  bagi  guru  maupun  peneliti  lain
yaitu, berdasarkan penelitian penerapan model Quantum Teaching dapat dijadikan
salah  satu  alternatif  dalam  pembelajaran  IPS  untuk  meningkatkan  hasil  belajar
siswa.