Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Youtube Video Sejarah Kesenian Tari Jaran Kencak Lumajang Pada Mata Pelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Kelas X SMA Menggunakan Model ADDIE
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk Mengembangkan media pembelajaran serta mengidentifikasi minat belajar peserta didik kelas X SMA dengan menggunakan media pembelajaran Youtube video Sejarah Kesenian Tari Jaran Kencak Lumajang. model pengembangan yang digunakan dalam kajian ini ialah menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluate. Sedangkan minat belajar difokuskan pada 4 indikator yaitu, Perasaan Senang, Perhatian, Ketertarikan, Keterlibatan peserta didik. Sampel kajian melibatkan sebanyak 34 peserta didik kelas X SMAN 01 Lumajang. Analisis statistic yang digunakan adalah statistic deskriptif dalam SPSS (IBM Statistics 22). Hasil kajian menunjukkan tingkat keefektivan media video sejarah kesenian tari Jaran Kencak mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah.