• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Cetho pada Kajian Bangun Datar Kelas IV Siswa Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    Riska Purnamasari_180210204189.doc.pdf (5.993Mb)
    Date
    2022-06-22
    Author
    PURNAMASARI, Riska
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika dianggap menjadi mata pelajaran yang sulit bagi siswa khususnya bagi siswa sekolah dasar. Mereka beranggapan bahwa selain sulit dipahami, matematika juga membosankan. Saat pembelajarannya pun contoh soal yang diberikan guru sulit untuk dibayangkan karena contoh soal tidak diambil dari aktivitas sehari-hari siswa. Pembelajaran matematika pun akhirnya kurang maksimal dan bermakna. Guna mewujudkan pembelajaran matematika yang bermakna serta mudah dipahami, perlulah mengaitkan pembelajaran matematika tersebut dengan kehidupan sehari-hari seperti melalui budaya yang ada di sekitar siswa. Budaya yang ada di sekitar siswa dan memiliki unsur matematika salah satunya yaitu candi. Bagian yang ada pada candi dapat dimanfaatkan sebagai objek belajar siswa terkait pembelajaran matematika khususnya cabang geometri. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengeksplorasi dan mendeskripsikan etnomatematika pada Candi Cetho berdasarkan kajian pada bangun datar kelas IV kemudian bangun datar tersebut dikaji terkait kompetensi dasar pembelajaran matematika kelas IV siswa sekolah dasar. Letak dari Candi Cetho berada di Dusun Cetho, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Candi Cetho dibuat pada masa Kerajaan Brawijaya V dengan model berundak, sebab letaknya yang berada dilereng gunung. Candi ini memiliki teras berjumlah 13 teras, setiap teras terdapat beberapa bangunan seperti arca, gapura, petilasan, Garudeya, Lingga-Yoni, relief, pendopo hingga teras terakhir yaitu terdapat mandala utama. Berdasarkan hasil observasi serta wawancara, ditemukan bahwa pada Candi Cetho terdapat beberapa konsep matematika khususnya pada bidang geometri. Konsep bangun datar terdapat pada gapura, relief Sudamala, sengkalan, Garudeya, mandala utama, arca Prabu Brawijaya V, arca Sabdo Palon Naya Genggong, pendopo, petilasan Ki Ageng Krincingwesi, Lingga Yoni, Garudeya, dan Surya Majapahit. Bangunan tersebut memiliki bentuk persegi panjang, lingkaran, trapesium, segitiga sama sisi, serta segitiga sama kaki. Konsep bangun ruang berupa bangun limas segi empat dan balok yang ada pada atap petilasan serta tangga teras. Konsep bangun segi banyak yakni bangun segi banyak beraturan berupa segitiga sama sisi yang ada pada Yoni serta pada gupala. Selain itu konsep segi banyak tidak beraturan ada pada Garudeya, atap pendopo, relief Sudamala dan sengkalan, gapura, badan mandala utama, Lingga serta arca dengan bentuk persegi panjang, trapesium, dan segitiga sama kaki. Konsep bukan segi banyak juga ada pada Lingga, perhiasan arca Nyai Agni, dan surya Majapahit. Konsep kesebangunan terdapat pada tangga teras sedangkan konsep refleksi ada pada gapura dan Garudeya. Hasil dari penelitian etnomatematika ini kemudian dikaji berdasarkan kompetensi dasar pembelajaran matematika kelas IV siswa sekolah dasar. Adapun kompetensi dasar yang dapat dikaitkan dengan konsep bangun ruang serta bangun segi banyak antara lain: 3.6; 3.9; 3.10; 4.16; dan 4.17. Diharapkan hasil eksplorasi pada Candi Cetho ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan proses pembelajaran matematika di kelas IV, sehingga pembelajaran pun menjadi bermakna. Kepada peneliti selanjutnya disarankan untuk mengeksplor lebih dalam mengenai etnomatematika yang ada pada Candi Cetho serta dapat mengaitkannya dengan pembelajaran matematika dan mengembangkannya menjadi bahan ajar tertentu seperti paket tes dan lain sebagainya
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/109427
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository