Show simple item record

dc.contributor.authorShowi Mayizah Indrawati
dc.date.accessioned2013-12-20T02:11:57Z
dc.date.available2013-12-20T02:11:57Z
dc.date.issued2013-12-20
dc.identifier.nimNIM070210103082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10916
dc.description.abstractPendidikan karakter diprogramkan secara sistemik dan terintegrasi. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah sebagaimana diatur dalam Peraturan Presiden nomor 29 Tahun 2010 tentang Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa. Sosialisasi dan pemberian contoh pelaksanaan pendidikan karakter telah dilakukan pada pihak yang terkait penyelenggaraan pendidikan di setiap tingkat satuan pendidikan. Untuk melaksanakan fungsi dan tujuan pendidikan karakter, terdapat Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan yang secara formal sudah digariskan untuk masing-masing jenis atau satuan pendidikan. Pada setiap rumusan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar secara implisit atau eksplisit termuat substansi nilai atau karakter (Kemdiknas, 2010a: 38). Hal tersebut sebagai dasar bagi guru untuk melaksakan pembelajaran dengan mengimplementasikan RPP berkarakter. Rumusan masalah penelitian adalah: (1) bagaimana implementasi RPP berkarakter oleh guru biologi SMA Negeri di Jember?; (2) Adakah hubungan antara implementasi RPP berkarakter oleh guru biologi terhadap hasil belajar siswa SMA Negeri di Jember?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi RPP berkarakter oleh guru biologi dalam penyusunan, penilaian, pembelajaran dan hubungannya terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai bulan April 2012. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif korelasi bersifat ex post facto karena penggalian data yang dilakukan merupakan peristiwa yang terjadi tanpa memberikan perlakuan pada variabel. Desain penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengambilan data dengan metode wawancara, observasi kelas, dokumentasi RPP guru dan hasil belajar siswa. Hasil data dianalisis dengan menghitung jumlah total, rerata, frekuensi, dan analisis korelasi untuk mengetahui tingkat tinggi rendahnya hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan penyusunan RPP berkarakter dan penilaian belajar guru biologi di Jember memiliki fc sebesar 72.92% sehingga dikategorikan cukup baik. Wawancara untuk mengetahui penyusunan RPP berkarakter, pelaksanaan pembelajaran, penilaian hasil belajar siswa dan upaya mengimplementasikannya, hasil wawancara menunjukkan bahwa sebagian besar guru memiliki jawaban sama tetapi terdapat perbedaan pada karakter yang dikembangkan dan upaya melaksanakan RPP berkarakter. Kegiatan pembelajaran di kelas berdasarkan RPP berkarakter guru memiliki fc sebesar 87,97% dan berdasarkan pedoman observasi memiliki fc sebesar 91,21% sehingga dikategorikan sangat baik. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan/sangat tinggi antara RPP berkarakter guru biologi di Jember terhadap hasil belajar kognitif dengan nilai korelasi sebesar 86,70% (P=0,025) dan berkorelasi tidak signifikan atau berkorelasi rendah dengan hasil afektif siswa dengan nilai korelasi sebesar 11,50% dengan nilai signifikasi 0,828 (P>0,05). sedangkan pelaksanaan pembelajaran berkorelasi tidak signifikan dengan hasil belajar kognitif maupun hasil belajar afektif karena nilai signifikasi keduanya masing-masing sebesar 0,362 dan 0,260 atau P>0,05 dengan nilai korelasi masingmasing sebesar 52,6% (r=0,526) dan 62,4% (r=0,624), besarnya koefisien korelasi (r) menunjukkan adanya hubungan yang cukup tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah penyusunan RPP berkarakter guru biologi dan penilaiannnya dikategorikan cukup baik. Untuk kegiatan pembelajaran di kelas dengan pedoman observasi dikategorikan sangat baik. Terdapat korelasi yang signifikan antara RPP berkarakter guru biologi di Jember terhadap hasil kognitif dan berkorelasi tidak signifikan dengan hasil afektif siswa, sedangkan pelaksanaan pembelajaran berkorelasi tidak signifikan dengan hasil kognitif maupun afektif siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103082;
dc.subjectImplementasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berkarakter, Guru Biologi, Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titleIMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) BERKARAKTER OLEH GURU BIOLOGI DAN HUBUNGANNYA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI DI JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record