• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) Melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP) di MTSN 5 Jember Tahun 2021

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (7.300Mb)
    Date
    2022-04-20
    Author
    HAQ, Mohammad Dienul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan oleh suatu negara. Hal ini bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas sebagai pondasi dasar untuk pembangunan suatu negara. Namun permasalahan yang sering terjadi khususnya di Indonesia yaitu terjadinya putus sekolah akibat masalah biaya pendidikan. Berdasarkan data APK/APM KEMDIKBUD Kab. Jember tahun 2020 Angka Partisipasi Murni (APM) yaitu 74% (untuk usia 7-12 tahun), 53,72% (untuk usia 13-15 tahun) dan 53,87% (untuk usia 16-18 tahun). Dari angka tersebut dapat dilihat bahwa belum seluruhnya siswa di Kabupaten Jember menyelesaikan pendidikannya selama 12 tahun. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan latar belakang perekonomian keluaga yang kurang mampu. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah membuat suatu kebijakan untuk memberikan bantuan kepada anak usia sekolah yang berasal dari keluarga miskin yang dikenal dengan Program Indonesia Pintar (PIP). PIP merupakan program bantuan dana pendidikan yang diberikan kepada anak usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin. Dana bantuan yang diberikan pemerintah tergantung tingkatan pendidikan siswa, untuk Sekolah Dasar (SD)/ Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebesar Rp.450.000, Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebesar RP.750.000, dan Sekolah Menengah Atas (SMA)/ Madrasah Aliyah (MA) sebesar RP.1.000.000. PIP dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 166 Tahun 2014 Tentang Program Percepatan Penanggulangan Kemiskinan. PIP dalam pelaksanaannya tidak lepas dari permasalahan, mulai dari pendaftaran calon penerima bantuan PIP, hingga pembagian dana PIP. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan PIP menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, Product) di MTSN 5 Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek context sudah sangat sesuai dengen presentase sebesar 100%. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya angka partisipasi sekolah dan seluruh siswa penerima PIP di MTSN 5 Jember berasal dari keluarga miskin atau penerima bantuan sosial. Aspek input dikategorikan sesuai dengan presentase sebesar 75%. Hal ini dapat dilihat Koordinator PIP seskolah sudah mengikuti sosialisasi PIP yang dilaksnakan oleh KEMENAG Kabupaten, selain itu penerima bantuan dana PIP sudah paham tentang tujuan dari adanya PIP. Namun permasalahan yang terjadi sekolah tidak menyiapkan sarana dan prasarana khusus untuk pelaksanaan PIP sehingga apabila terdapat kerusakan dapat menghambat pelaksanaan PIP di sekolah. Aspek process pelaksanaan PIP di MTSN 5 Jember sudah sangat sesuai dengan Juknis yang berlaku dengan presentase sebesar 100%. Mulai dari awal pendaftaan calon penerima PIP, hingga pembagian dana PIP ke siswa. Aspek product dapat di kategorikan cukup dengan presentase sebesar 75%. Hal ini dapat dilihat terdapat pengurangan siswa yang putus sekolah akibat biaya pendidikan, kebutuhan sekolah siswa penerima terpenuhi, dan siswa penerima dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108973
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository