Persepsi Siswa Terhadap Kemudahan dan Kemanfaatan Google CLassroom sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus Siswa Kelas X AKL SMK Negeri 1 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021)
Abstract
Pandemi merubah sistem pembelajaran yang semula luring menjadi daring. Persepsi siswa terhadap media yang digunakan dalam pembelajaran menjadi yang penting untuk diperhatikan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survey yang dilakukan dengan tujuan mengetahui persepsi siswa terhadap kemudahan dan kemanfaatan Google Classroom sebagai media pembelajaran akuntansi kelas X AKL di SMK Negeri 1 Jember. Data penelitian dikumpulkan dengan kuesioner yang diisi oleh 54 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa (40,74%) mempersepsikan bahwa Google Classroom mudah digunakan serta 20 siswa (37,04%) mempersepsikan bahwa Google Classroom merupakan media yang bermanfaat. Persepsi akan kemudahan dan kemanfaatan siswa terhadap media pembelajaran akuntansi kelas X AKL di SMK Negeri 1 Jember perlu ditingkatkan untuk memaksimalkan proses pembelajaran.