Show simple item record

dc.contributor.authorSANTOSO, Muhammad Wahyu Budi
dc.date.accessioned2022-08-10T02:47:03Z
dc.date.available2022-08-10T02:47:03Z
dc.date.issued2022-04-21
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108751
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Agustus 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractDi era persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini, Promosi merupakan strategi yang bisa dipakai oleh perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada konsumen tentang berbagai macam produk yang dijual. Diskon menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya konsumen cenderung menjadikan diskon atau potongan harga ini sebagai salah satu acuan mereka sebelum membuat keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Marketplace menjadi salah satu media pemasaran online efektif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk produk yang ditawarkannya dengan cara memberikan diskon. Salah satu marketplace yang menggunakan diskon sebagai strategi untuk menarik konsumen berbelanja di marketplacenya adalah Shopee. Promosi yang dilakukan oleh shopee sebagai strategi mereka untuk menarik minat konsumennya yaitu dengan cara mengadakan event-event setiap bulannya. Event bulanan yang diadakan oleh shopee seperti promo 11 11, 12 12, Bigsale Ramadhan dan masih banyak lagi. Strategi yang dilakukan oleh shopee dengan cara mengadakan event-event bulanan tersebut salah satu hasil yang dapat dilihat adalah shopee dapat menggeser marketplace-marketplace pesaingnya sehingga shopee berhasil menduduki posisi pertama di Indonesia. Adanya shopee menjadi marketplace yang menduduki posisi pertama dan sering mengadakan promosi besar-besaran membuat masyarakat desa kesilir mempercayakan shopee sebagai marketplace pilihannya dalam berbelanja secara online. Aktivitas masyarakatnya dalam berbelanja online juga sudah sangat banyak dilakukan oleh masyarakat desa ini. Aktivitas belanja secara online didesa ini meningkat ketika saat event-event bulanan shopee diadakan atau juga pada saat bulan ramadhan karena mereka menunggu momen-momen tersebut supaya mendapat banyak diskon besar-besaran dari shopee, seperti voucher gratis ongkir, cashback, dan masih banyak lagi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode analisis linier sederhana. Adapun metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area dan penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling, yakni masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember dengan jumlah responden 50 orang dengan dasar pedoman kasar (rules of thumb) dari teori Roscoe, sedangkan untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner tertutup dengan skala likert, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan diskon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada masyarakat pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember. Hasil uji T menunjukkan Hasil dari uji signifikasi parsial (uji t) dengan nilai thitung yang didapat dari variabel diskon (X) 4,617 > 1,67591. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikasi bernilai 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan dari varibel X yaitu diskon terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian pada masyarakat Desa Kesilir pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten jember. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima dengan presentase koefisiensi determinasi (R2 ) sebesar 0,308 hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari diskon terhadap keputusan pembelian pada masyarakat pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember sebesar 30,8%, selebihnya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti online customer review, kualitas produk, citra merk dan faktor pribadi dari diri konsumen itu sendiri. Bagi peneliti selanjutnya bila hendak melakukan penelitian yang serupa dengan peneliti akankah lebih baik bila mana bisa menambahkan instrumentinstrumen penelitian maupun menambahkan variabel penelitian yang lain supaya mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Variabel penelitian yang dimaksud misalnya online customer review, kualitas produk, citra merk dan masih banyak lagi.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Drs. Joko Widodo, M.M ||| Dosen Pembimbing anggota : Mukhamad Zulianto, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectDISKONen_US
dc.subjectMARKETPLACEen_US
dc.subjectKEPUTUSAN PEMBELIANen_US
dc.subjectSTRATEGI PENJUALANen_US
dc.titlePengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Pengguna Marketplace Shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record