• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Pengguna Marketplace Shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember)

    Thumbnail
    View/Open
    M.Wahyu Budi Santoso_180210301023.pdf (3.826Mb)
    Date
    2022-04-21
    Author
    SANTOSO, Muhammad Wahyu Budi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Di era persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini, Promosi merupakan strategi yang bisa dipakai oleh perusahaan untuk menyebarkan informasi kepada konsumen tentang berbagai macam produk yang dijual. Diskon menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan. Tidak dapat dipungkiri bahwasannya konsumen cenderung menjadikan diskon atau potongan harga ini sebagai salah satu acuan mereka sebelum membuat keputusan untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk. Marketplace menjadi salah satu media pemasaran online efektif yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk produk yang ditawarkannya dengan cara memberikan diskon. Salah satu marketplace yang menggunakan diskon sebagai strategi untuk menarik konsumen berbelanja di marketplacenya adalah Shopee. Promosi yang dilakukan oleh shopee sebagai strategi mereka untuk menarik minat konsumennya yaitu dengan cara mengadakan event-event setiap bulannya. Event bulanan yang diadakan oleh shopee seperti promo 11 11, 12 12, Bigsale Ramadhan dan masih banyak lagi. Strategi yang dilakukan oleh shopee dengan cara mengadakan event-event bulanan tersebut salah satu hasil yang dapat dilihat adalah shopee dapat menggeser marketplace-marketplace pesaingnya sehingga shopee berhasil menduduki posisi pertama di Indonesia. Adanya shopee menjadi marketplace yang menduduki posisi pertama dan sering mengadakan promosi besar-besaran membuat masyarakat desa kesilir mempercayakan shopee sebagai marketplace pilihannya dalam berbelanja secara online. Aktivitas masyarakatnya dalam berbelanja online juga sudah sangat banyak dilakukan oleh masyarakat desa ini. Aktivitas belanja secara online didesa ini meningkat ketika saat event-event bulanan shopee diadakan atau juga pada saat bulan ramadhan karena mereka menunggu momen-momen tersebut supaya mendapat banyak diskon besar-besaran dari shopee, seperti voucher gratis ongkir, cashback, dan masih banyak lagi. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan metode analisis linier sederhana. Adapun metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area dan penentuan sampel menggunakan metode insidental sampling, yakni masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember dengan jumlah responden 50 orang dengan dasar pedoman kasar (rules of thumb) dari teori Roscoe, sedangkan untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner tertutup dengan skala likert, wawancara dan studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan diskon memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian pada masyarakat pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember. Hasil uji T menunjukkan Hasil dari uji signifikasi parsial (uji t) dengan nilai thitung yang didapat dari variabel diskon (X) 4,617 > 1,67591. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikasi bernilai 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan dari varibel X yaitu diskon terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian pada masyarakat Desa Kesilir pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten jember. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima dengan presentase koefisiensi determinasi (R2 ) sebesar 0,308 hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari diskon terhadap keputusan pembelian pada masyarakat pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember sebesar 30,8%, selebihnya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti online customer review, kualitas produk, citra merk dan faktor pribadi dari diri konsumen itu sendiri. Bagi peneliti selanjutnya bila hendak melakukan penelitian yang serupa dengan peneliti akankah lebih baik bila mana bisa menambahkan instrumentinstrumen penelitian maupun menambahkan variabel penelitian yang lain supaya mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Variabel penelitian yang dimaksud misalnya online customer review, kualitas produk, citra merk dan masih banyak lagi.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108751
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15579]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository