Pengaruh Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Pengguna Marketplace Shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember)
Abstract
Di era persaingan bisnis yang semakin ketat seperti saat ini, Promosi
merupakan strategi yang bisa dipakai oleh perusahaan untuk menyebarkan
informasi kepada konsumen tentang berbagai macam produk yang dijual. Diskon
menjadi salah satu strategi yang bisa digunakan oleh perusahaan. Tidak dapat
dipungkiri bahwasannya konsumen cenderung menjadikan diskon atau potongan
harga ini sebagai salah satu acuan mereka sebelum membuat keputusan untuk
melakukan pembelian terhadap suatu produk.
Marketplace menjadi salah satu media pemasaran online efektif yang dapat
digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk produk yang
ditawarkannya dengan cara memberikan diskon. Salah satu marketplace yang
menggunakan diskon sebagai strategi untuk menarik konsumen berbelanja di
marketplacenya adalah Shopee. Promosi yang dilakukan oleh shopee sebagai
strategi mereka untuk menarik minat konsumennya yaitu dengan cara mengadakan
event-event setiap bulannya. Event bulanan yang diadakan oleh shopee seperti
promo 11 11, 12 12, Bigsale Ramadhan dan masih banyak lagi.
Strategi yang dilakukan oleh shopee dengan cara mengadakan event-event
bulanan tersebut salah satu hasil yang dapat dilihat adalah shopee dapat menggeser
marketplace-marketplace pesaingnya sehingga shopee berhasil menduduki posisi
pertama di Indonesia. Adanya shopee menjadi marketplace yang menduduki posisi
pertama dan sering mengadakan promosi besar-besaran membuat masyarakat desa
kesilir mempercayakan shopee sebagai marketplace pilihannya dalam berbelanja
secara online.
Aktivitas masyarakatnya dalam berbelanja online juga sudah sangat banyak
dilakukan oleh masyarakat desa ini. Aktivitas belanja secara online didesa ini
meningkat ketika saat event-event bulanan shopee diadakan atau juga pada saat
bulan ramadhan karena mereka menunggu momen-momen tersebut supaya
mendapat banyak diskon besar-besaran dari shopee, seperti voucher gratis ongkir,
cashback, dan masih banyak lagi.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif korelasional dengan
menggunakan metode analisis linier sederhana. Adapun metode penentuan lokasi
menggunakan metode purposive area dan penentuan sampel menggunakan metode
insidental sampling, yakni masyarakat Desa Kesilir Kabupaten Jember dengan
jumlah responden 50 orang dengan dasar pedoman kasar (rules of thumb) dari teori
Roscoe, sedangkan untuk metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode kuesioner tertutup dengan skala likert, wawancara dan studi
pustaka.
Hasil penelitian ini menunjukkan diskon memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap keputusan pembelian pada masyarakat pengguna marketplace shopee di
Desa Kesilir Kabupaten Jember. Hasil uji T menunjukkan Hasil dari uji signifikasi
parsial (uji t) dengan nilai thitung yang didapat dari variabel diskon (X) 4,617 >
1,67591. Hasil tersebut menunjukkan nilai signifikasi bernilai 0,000 < 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan dari
varibel X yaitu diskon terhadap variabel Y yaitu keputusan pembelian pada
masyarakat Desa Kesilir pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten
jember. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis diterima dengan presentase
koefisiensi determinasi (R2
) sebesar 0,308 hal ini menunjukkan adanya pengaruh
yang signifikan dari diskon terhadap keputusan pembelian pada masyarakat
pengguna marketplace shopee di Desa Kesilir Kabupaten Jember sebesar 30,8%,
selebihnya sebesar 69,2% dipengaruhi oleh variabel lain seperti online customer
review, kualitas produk, citra merk dan faktor pribadi dari diri konsumen itu sendiri.
Bagi peneliti selanjutnya bila hendak melakukan penelitian yang serupa
dengan peneliti akankah lebih baik bila mana bisa menambahkan instrumentinstrumen penelitian maupun menambahkan variabel penelitian yang lain supaya
mendapatkan hasil penelitian yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Variabel
penelitian yang dimaksud misalnya online customer review, kualitas produk, citra
merk dan masih banyak lagi.