• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Public Health
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kebutuhan Tenaga Klaim BPJS di Rumah Sakit Daerah Balung Kabupaten Jember dengan Metode Workload Indicator Staff Need WISN

    Thumbnail
    View/Open
    ZHEINDY MACHRUZAR ALDIANSYAH - 162110101115.pdf (1.990Mb)
    Date
    2021-09-14
    Author
    ALDIANSYAH, Zheindy Machruzar
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    RSD Balung merupakan salah satu dari dua fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut milik pemerintah tipe C yang tersedia di Kabupaten Jember. Data jumlah pelayanan rawat jalan dan rawat inap pada rentang waktu bulan Juni – Oktober tahun 2019 yakni pada bulan Juni sebanyak 2.080 pelayanan, bulan Juli sebanyak 3.081 pelayanan, bulan Agustus sebanyak 2.908 pelayanan, bulan September sebanyak 3.147 pelayanan, dan bulan Oktober sebanyak 3.061 pelayanan. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di tahun 2019 pada koordinator bagian klaim BPJS, diperoleh informasi bahwa pengajuan klaim atas beberapa pelayanan yang diberikan mengalami kendala yakni berkas pengajuan yang tidak layak dan terjadi pending. Terdapat 7 orang pada bagian klaim JKN dengan rincian 1 orang ketua, 1 orang sekretaris, 2 orang petugas penerbit SEP, 2 orang petugas coding, 1 orang petugas costing, dan memiliki 6 orang petugas anti fraud. Beban kerja ganda para petugas mengakibatkan terjadinya kelelahan kerja sehingga berkas atau dokumen klaim yang diajukan kepada BPJS tidak layak dan mengalami penundaan pengajuan/pending. Penelitian ini menggunakan metode Workload Indicator Staff Need (WISN) karena metode WISN merupakan suatu metode perhitungan kebutuhan sumber daya manusia berdasarkan pada beban kerja nyata yang dilakukan oleh setiap kategori sumber daya manusia pada tiap unit kerja fasilitas pelayanan kesehatan. Metode WISN dapat digunakan untuk meneliti berapa banyak tenaga kerja yang dibutuhkan apabila beban kerja bertambah atau berkurang di masa yang akan datang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan waktu kegiatan klaim BPJS antara penggunaan waktu kegiatan produktif dengan waktu tidak produktif lebih banyak penggunaan waktu kegiatan produktif pada bagian penerbit SEP, bagian coding, dan bagian costing. Waktu Kerja Tersedia (WKT) untuk petugas klaim BPJS di RSD Balung Kabupaten Jember sebesar 102.750 menit/tahun dengan hari kerja 312 hari/tahun. Standar Beban Kerja (SBK) untuk petugas klaim BPJS di RSD Balung Kabupaten Jember sebesar 65.121.719 berkas/tahun. Standar Kelonggaran untuk petugas klaim BPJS di RSD Balung Kabupaten Jember sebesar 0,476. Perhitungan kebutuhan petugas klaim BPJS di RSD Balung Kabupaten Jember didapatkan hasil sebanyak 10 orang. Jumlah petugas yang tersedia sebanyak 5 orang, maka unit klaim BPJS di RSD Balung Kabupaten Jember kekurangan petugas sebanyak 5 orang. Berdasarkan hasil perhitungan, bagian penerbit SEP kekurangan 2 petugas, bagian coding kekurangan 1 petugas, bagian costing kekurangan 2 petugas. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan adalah melakukan evaluasi atau perbaikan secara berkala setiap bulan pada setiap bagian untuk melihat ada atau tidaknya permasalahan dalam proses pengerjaan klaim karena proses klaim dilakukan setiap bulan. Melakukan perencanaan kerja, membuat kesepakatan bersama untuk penyelesaian klaim ditetapkan sebelum tanggal 10 pada bulan berikutnya, dan meningkatkan fokus kerja/prioritas kerja terhadap proses pengajuan klaim supaya lebih produktif dan menghindari penambahan tenaga kerja. Melakukan pengawasan pada setiap bagian untuk meningkatkan disiplin kerja sesuai dengan aturan yang berlaku di rumah sakit sehingga penggunaan waktu kerja tidak terbuang. Dapat dilakukan beberapa hal, pada bagian penerbit SEP ketika berkas sangat banyak dan membutuhkan tenaga meminta bantuan kepada rekan kerja bagian non BPJS agar penerimaan berkas klaim menjadi lebih cepat, pada bagian coding ketika sudah tidak ada kegiatan atau kegiatan telah selesai membantu kegiatan bagian costing karena berada dalam satu ruangan.
    URI
    https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/108530
    Collections
    • UT-Faculty of Public Health [2302]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository