ANALISIS VARIABEL BAURAN PEMASARAN PRODUK FUNGISIDA KUPROXAT 345 SC YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN KEPUASAN PETANI DI KECAMATAN AMBULU DAN WULUHAN KABUPATEN JEMBER
Abstract
Dalam strategi pemasaran, terdapat strategi bauran pemasaran yang
menetapkan komposisi terbaik dari keempat komponen atau variabel pemasaran,
untuk dapat mencapai sasaran pasar yang dituju. Keputusan pembelian dan kepuasan
konsumen akan tercipta, jika pemasar mampu memenuhi harapan yang dimiliki oleh
para konsumennya. Salah satu alternatif yang dapat digunakan pemasar dalam upaya
mempengaruhi keputusan pembelian dan menciptakan kepuasan bagi para
konsumennya adalah menggunakan bauran pemasaran yang mencakup produk, harga,
distribusi, dan promosi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji
pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap keputusan petani dalam
pembelian fungisida kuproxat 345 SC. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji
pengaruh produk, harga, distribusi, dan promosi terhadap kepuasan petani dalam
pembelian fungisida kuproxat 345 SC serta menguji pengaruh keputusan petani
terhadap kepuasan petani dalam pembelian fungisida kuproxat 345 SC.
Jenis penelitian ini adalah explanatory research dan sekaligus confirmatory
research. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota kelompok tani yang pernah
membeli fungisida kuproxat 345 SC di wilayah kecamatan Ambulu dan Wuluhan
kabupaten Jember, sejumlah 842 anggota untuk kecamatan Ambulu dan sejumlah 505
anggota untuk kecamatan Wuluhan, maka jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
105.
Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation
Modelling (SEM) dengan menggunakan program Analysis of Moment Structure
(AMOS) versi 5.0. Hasil penelitian menunjukkan :
1. Produk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan petani, produk
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan petani, harga berpengaruh positif tidak
signifikan terhadap keputusan petani, harga berpengaruh negating signifikan
terhadap kepuasan petani, distribusi berpengaruh positif signifikan terhadap
keputusan petani, distribusi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap
kepuasan petani, promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan
petani, promosi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan petani,
keputusan petani berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan petani dalam
pembelian fungisida kuproxat 345 SC di kecamatan Ambulu dan Wuluhan
kabupaten Jember.
2. Dari hasil pengujian pengaruh langsung, tidak langsung, dan pengaruh total
memberikan sebuah gambaran tentang variabel yang mempunyai pengaruh
langsung terbesar terhadap keputusan petani yaitu distribusi (0,358), pengaruh
langsung terbesar terhadap kepuasan petani yaitu produk (0,248), pengaruh tidak
langsung adalah pengaruh harga terhadap kepuasan petani sebesar 0,021.
Collections
- MT-Management [539]