Analisis Kinerja Karyawan pada Kafe Dulur Dewe Jember
Abstract
Kafe Dulur Dewe Jember adalah salah satu kafe yang berada di Jalan Riau 
untuk Kafe Dulur Dewe I, sedangkan Kafe Dulur Dewe II berada di Jalan Tidar,
Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember . Pada sekitar Lokasi Kafe Dulur 
Dewe Jember terdapat banyak perguruan tinggi bersama dua kecamatan lainnya 
yaitu Kaliwates dan Patrang, hal yang menjadi ketertarikan penulis untuk meneliti 
Kafe Dulur Dewe, selain bertempat di lokasi yang strategis, usaha ini juga 
memiliki jam operasional selama 24 jam. Lokasi strategis ini usaha Kopi Dulur 
Dewe telah memiliki dua cabang dan telah berdiri sejak tahun 2016, untuk 
melakukan penelitian pada Kafe Dulur Dewe mengenai kinerja karyawan 
sehingga dapat menganalisis dan mendeskripsikan kinerja karyawan kafe Dulur 
Dewe 1 dan 2 Jember
Penelitian ini membahas bagaimana Kinerja Karyawan pada Kafe Dulur 
Dewe I dan II Jember. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tipe 
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini 
menggunakan informan pokok dan informan tambahan sehingga dapat 
memberikan informasi tentang kinerja karyawan. Teknik wawancara yang 
digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi struktur dimana 
pelaksanaannya lebih bebas dan peneliti bisa menemukan masalah secara lebih 
terbuka. Peneliti disini perlu mendengarkan secara teliti dan mencatat apa yang 
dikemukakan oleh informan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan 
metode teknik analisis domain dan teknik analisis taksonomi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menganalisa kinerja 
karyawan, mengingat kafe Dulur Dewe tak lain adalah usaha bisnis yang 
berorientasi profit sehingga juga memperhatikan aset Sumber Daya Manusia dalam hal ini adalah Karyawan. Jumlah karyawan di Kafe Dulur Dewe sebanyak 9 
orang, dengan pembagian 4 orang di Kafe Dulur Dewe I, 5 orang di Kafe Dulur 
Dewe II, masing-masing kafe terdapat satu orang karyawan yang juga bertugas 
sebagai koordinator. Koordinator ini diberikan tugas untuk mengkomando 
kegiatan usaha pada kafe dulur dewe I dan II, sehingga terdapat 2 orang 
koordinator. Mengatur jadwal shift, melakukan rekapitulasi hasil penjualan harian 
dan bulanan baik laba dan rugi, melakukan kontrol fasilitas sarana prasarana 
sekaligus pembayaran rutin untuk kafe(WiFi, Listrik), sekaligus memberikan 
laporan harian kepada owner atas kinerja karyawan yang bertugas adalah tugas 
koordinator.
Untuk pembagian waktu kerja, terdapat 3 waktu kerja pada Kafe Dulur 
Dewe I dan II, Masing-masing shift dilaksanakan selama 8 jam kerja, Waktu 
pertama pada pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB, pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 1 
orang karyawan, sedangkan 2 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II. Selanjutnya 
pukul 16.00 WIB – 24.00 WIB, pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 2 orang 
karyawan, sedangkan 2 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II. Terakhir waktu 
kerja pukul 24.00 WIB – 08.00 WIB pada kafe Dulur Dewe I diisi oleh 1 orang 
karyawan, sedangkan 1 orang karyawan di Kafe Dulur Dewe II.
Untuk kinerja karyawan secara keseluruhan, Owner dibantu oleh 
Koodinator, menilai dengan karyawan melalui pelaksanaan SOP yang telah 
dibuat. Berdasarkan hasil wawancara kepada jajaran Kafe Dulur Dewe mengenai 
kualitas kinerja karyawan, dapat dikatakan bahwa sudah berkualitas, seperti yang 
disebutkan bahwa baik Owner, Koordinator hingga karyawan merasa „santai‟, 
nyaman dan patuh pada SOP yang dibuat oleh Owner. Hambatan yang 
disampaikan baik dari Owner, Koordinator dan Karyawan, adalah mengenai jam 
kerja, dikarenakan kafe dulur dewe buka selama 24 jam, maka yang perlu 
ditekankan adalah karyawan perlu mengatur sendiri waktu istirahat mereka untuk 
menjaga kondisi sehingga saat bekerja dalam kondisi yang baik dan mampu 
melaksanakan tugas-tugas karyawan.