Pergeseran Metode Pembayaran Berbasis QR Code untuk Meningkatkan Competitive Advantage (CA) pada Bank Jatim dengan Pendekatan Model TAM
Abstract
Setelah melalui beberapa tahap analisa, pemaparan data dan kesimpulan maka 
didapat kesimpulan sebagai berikut :
1. Dengan bergesernya metode pembayaran yang semula menggunakan 
pembayaran tunai ke pembayaran non tunai dengan Aplikasi QR code ini 
ternyata dapat meningkatan Competitive Advantage dari perusahaan yang 
menerapkan metode pembayaran ini. Hal ini dikarenakan metode ini 
memberikan banyak kelebihan yang memudahkan pengguna dalam 
menikmati aplikasi baru ini saat melakukan transaksi pembayaran sehingga 
masyarakat akan lebih memilih produk baru yang memberikan banyak 
kelebihan bagi pengguna dibandingkan dengan perusahaan lain yang tidak
menyediakan layanan jasa pembayaran berbasis QR Code. 
2. Masih rendahnya pengguna sistem pembayaran non tunai berbasis Qr code
ini dikarenakan masyarakat belum sepenuhnya dapat menggunakan aplikasi 
QR Code dikarenakan belum tersebarnya informasi dan sosialisasi untuk 
cara penggunaanya serta manfaatnya dengan menggunakan sistem 
pembayaran ini, Untuk itu, Bank Jatim Cabang Situbondo telah melakukan 
beberapa strategi untuk mengenalkan QR Code kepada masyarakat/nasabah 
dan merchant dengan melakukan evaluasi atas adanya transaksi pembayaran 
sehingga dapat diketahui seberapa efektif sistem model pembayaran ini, dan 
juga melakukan pemasaran secara online dengan mengenalkan QR Code
melalui media sosial (Instagram, Facebook, Line, Twitter) dan website 
resmi milik Bank Jatim serta melakukan pengenalan produk secara langsung 
kepada masyarakat dengan pemasangan baliho serta banner di beberapa 
lokasi dan dinas-dinas terkait sehingga dapat mudah untuk tersampaikan 
kepada masyarakat.
3. Berdasar analisis model TAM yang digunakan oleh peneliti dapat ditarik 
kesimpulan bahwa aplikasi QR code yang tergolong baru dimasyarakat 
khususnya daerah Situbondo direspon positif oleh sebagian masyarakat
Collections
- MT-Science of Economic [205]
