Show simple item record

dc.contributor.authorSugiarto
dc.date.accessioned2013-12-19T15:22:59Z
dc.date.available2013-12-19T15:22:59Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM050210402234
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10802
dc.description.abstractRINGKASAN Aspek Pendidikan Novel “Laskar Pelangi” Karya Andrea Hirata: Kajian Estetika Resepsi Siswa Kelas III SMK Al-Maliki Sukodono Lumajang; Sugiarto, 050210402234; 2011: 84 halaman; Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember. Sastra adalah suatu karya yang menggambarkan kehidupan manusia serta mempunyai banyak amanat, nilai atau pesan moral di dalamnya. Salah satu karya sastra yang mengandung banyak amanat/nilai adalah novel Laskar Pelangi. Diantara beberapa nilai yang terkandung dalam novel Laskar Pelangi salah satunya ialah aspek pendidikan. Aspek pendidikan yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi dibagi menjadi dua yaitu: (1) aspek psikologi, dan (2) aspek sosiologi. Aspek psikologi dan sosiologi pendidikan yang terdapat dalam novel Laskar Pelangi tidak akan ada artinya, jika tidak didukung oleh partisipasi pembaca sebagai pihak yang menafsirkannya secara aktif, dalam hal ini siswa kelas III SMK Al-Maliki bertindak sebagai pembaca aktif. Untuk memperoleh deskripsi yang lebih luas mengenai aspek psikologi dan sosiologi pendidikan dalam novel Laskar Pelangi, maka perlu dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini yang mencakup (1) tanggapan siswa kelas III SMK Al-Maliki Sukodono terhadap aspek psikologi pendidikan formal dalam novel Laskar Pelangi, (2) tanggapan siswa kelas III SMK Al-Maliki Sukodono terhadap aspek sosiologi pendidikan formal dalam novel Laskar Pelangi. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode estetika resepsi. Data dalam penelitian ini berupa tanggapan siswa, sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas III SMK Al-Maliki Sukodono Lumajang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan transkripsi data. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah buku, bolpoin dan tape recorder. Teknik analisis data dilakukan dengan cara (1) reduksi data, (2) kodefikasi data, (3) penyajian data, dan (4) verifikasi data. Hasil dan pembahasan mencakup tanggapan siswa kelas III SMK Al-Maliki Sukodono terhadap aspek psikologi dan sosiologi pendidikan formal dalam novel Laskar Pelangi. Data yang dihasilkan dari aspek psikologi pendidikan formal meliputi; (1) bentuk kejiwaan para tokoh Laskar Pelangi, (2) motivasi para tokoh Laskar Pelangi dalam meraih pendidikan formal, (3) pendidikan dan pengajaran membina tingkah laku para tokoh Laskar Pelangi, (4) pendidikan formal merupakan kebutuhan para tokoh Laskar Pelangi. Data yang dihasilkan dari aspek sosiologi pendidikan formal meliputi; (1) pendidikan formal sebagai persiapan/bekal hidup di masyarakat bagi para tokoh Laskar Pelangi, (2) pendidikan formal membina para tokoh Laskar Pelangi sebagai agen pembangunan masyarakat, (3) pendidikan formal membangun kesadaran berbangsa para tokoh Laskar Pelangi. Kesimpulan dari tanggapan siswa kelas III SMK Al-Maliki terhadap aspek psikologi pendidikan formal dalam novel Laskar Pelangi adalah bentuk kejiwaan para tokoh Laskar Pelangi bervariasi, motivasi para tokoh Laskar Pelangi dalam meraih pendidikan formal sangat tinggi, SD Muhammadiyah Gantong mampu membina tingkah laku para tokoh Laskar Pelangi, dan SD Muhammadiyah Gantong mampu memenuhi kebutuhan pendidikan formal para tokoh Laskar Pelangi. Kesimpulan tanggapan siswa kelas III SMK Al-Maliki terhadap aspek sosiologi pendidikan formal dalam novel Laskar Pelangi adalah SD Muhammadiyah Gantong oleh para tokoh Laskar Pelangi digunakan sebagai tempat untuk mencari bekal hidup serta bersosialisasi, SD Muhammadiyah Gantong mampu menjadikan para tokoh Laskar Pelangi agen pembangunan masyarakat yang baik, dan SD Muhammadiyah Gantong mampu membangun kesadaran berbangsa para tokoh Laskar Pelangi. Saran yang dapat diberikan bagi peneliti adalah perlu referensi yang banyak untuk menggali dan menafsirkan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra. Bagi mahasiswa yang lain usahakan supaya lebih banyak membaca karya sastra, agar wawasan dan pengetahuan tentang sastra bertambah luas. Bagi guru dan dosen semoga penelitian ini dapatmenambah referensi dalam mengajar matakuliah sastra.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210402234;
dc.subjectNovelen_US
dc.titleASPEK PENDIDIKAN NOVEL “LASKAR PELANGI” KARYA ANDREA HIRATA: KAJIAN ESTETIKA RESEPSI SISWA KELAS III SMK AL-MALIKI SUKODONO LUMAJANGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record