Show simple item record

dc.contributor.authorMAHARANI, Gustina Ayu
dc.date.accessioned2022-06-06T08:02:35Z
dc.date.available2022-06-06T08:02:35Z
dc.date.issued2022-01-31
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/107027
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 6 Juni 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractMatematika merupakan ilmu pengetahuan yang memungkinkan manusia melakukan eksplorasi dalam mengamati suatu pola, memahami hubungan, dan menggunakan kemampuan pemecahan masalah. Konsep matematika sangat bermanfaat dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Pengkajian suatu budaya, adat istiadat atau kebiasaan dalam masyarakat tertentu yang tanpa disadari memuat konsep matematika merupakan salah satu ranah kajian matematika yang disebut etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali etnomatematika pada tari Kuntulan Kembang Pujian Banyuwangi. Unsur-unsur tari yang diteliti pada penelitian ini adalah gerakan dan pola lantai yang merupakan unsur pokok dari kesenian tari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Daerah penelitian dalam penelitian ini adalah Kabupaten Banyuwangi. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah budayawan dan pelatih tari Kuntulan Kembang Pujian Banyuwangi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa terdapat etnomatematika pada gerakan dan pola lantai tari Kuntulan Kembang Pujian Banyuwangi. Beberapa konsep matematika dan aktivitas matematika muncul pada gerakan serta pola lantai tari. Aktivitas dan konsep matematika yang muncul pada gerakan tari adalah aktivitas membilang dan konsep transformasi geometri. Aktivitas membilang muncul pada setiap gerakan tari. Aktivitas membilang yang dilakukan penari adalah kegiatan membilang 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8. Konsep transformasi geometri pada gerakan tari Kuntulan Kembang Pujian diantaranya translasi, refleksi, dan rotasi. Konsep translasi muncul pada gerakan yang memiliki bentuk dan arah hadap sama namun diulang pada posisi yang berbeda. Konsep refleksi muncul pada gerakan tari yang memiliki bentuk gerak yang sama namun arah hadap bercerminan. Konsep rotasi muncul pada gerakan tari yang memiliki bentuk yang tetap dan penari melakukan perputaran di tempat baik beruap putaran penuh ataupun putaran tidak penuh. Konsep matematika yang muncul pada pola lantai adalah konsep titik, konsep garis, konsep bangun datar, dan konsep transformasi geometri. Konsep titik yang dimaksud merupakan posisi setiap penari pada sebuah pola lantai. Konsep garis pada pola lantai didapat dari penarikan garis antar titik yang mewakili atau menyimbolkan posisi setiap penari. Konsep bangun datar diperoleh dari bentuk-bentuk pola lantai yang diterapkan oleh penari pada area panggung. Bentuk datar yang terbentuk antara lain bangun trapesium, persegi panjang, jajar genjang, segitiga, layang-layang, dan poligon segi enam (heksagon). Konsep transformasi geometri yang muncul pada pola lantai adalah translasi, refleksi, dan dilatasi. Konsep translasi muncul pada pola lantai yang memiliki bentuk yang sama persis namun dilakukan pada posisi dan waktu yang berbeda (diulang). Konsep refleksi muncul pada pola lantai yang memiliki bentuk yang sama namun pola lantai yang selanjutnya merupakan hasil pencerminan dari pola lantai sebelumnya. Konsep dilatasi muncul pada pola lantai yang memiliki bentuk yang sama akan tetapi jarak antar penari pada pola selanjutnya menjadi lebih dekat, sehingga pola lantai yang terbentuk menjadi lebih kecil. Produk hasil penelitian ini adalah paket soal tes, dimana paket soal tes dibuat berdasarkan hasil penelitian etnomatematika pada pola lantai tari Kuntulan Kembang Pujian Banyuwangi. Paket soal tes berisi 8 soal uraian dengan pokok bahasan bangun datar segiempat untuk siswa kelas VII yang disusun berdasarkan Revisi Taksonomi Bloom. Paket soal tes dapat diakses melalui laman bit.ly/3AEPbdC.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Titik Sugiarti, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Toto’ Bara Setiawan, M.Si.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTari Kuntulanen_US
dc.subjectEtnomatematikaen_US
dc.subjectKembang Pujian Banyuwangien_US
dc.titleEtnomatematika pada Tari Kuntulan Kembang Pujian Banyuwangi sebagai Bahan Paket Soal Tesen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record