Show simple item record

dc.contributor.authorAMALIA, Faisma Isnanini Rizki
dc.date.accessioned2022-04-28T03:38:17Z
dc.date.available2022-04-28T03:38:17Z
dc.date.issued2021-07-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106668
dc.descriptionValidasi unggah file repositori_Ratna Finalisasi unggah file repositori tanggal 28 April 2022_Kurnadien_US
dc.description.abstractBahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran selama ini. Banyak bahan ajar yang diperuntukkan bagi siswa masih bersifat umum. Kebanyakan bahan ajar yang ada masih belum memuat keadaan lingkungan sekitar siswa seperti kearifan lokal. Hasil wawancara dengan guru SDN Kepatihan 03 Jember, bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran tidak memuat kearifan lokal, khususnya kearifan lokal Jember. Hasil wawancara dengan beberapa siswa SDN Kepatihan 03 Jember, kurangnya pemahaman siswa terhadap lingkungan sekitar terkait kearifan lokal, minimnya pengenalan kearifan lokal kepada siswa dengan bantuan permainan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang kearifan lokal Jember. Berdasarkan beberapa masalah yang ditemukan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan dan hasil pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang kearifan lokal Jember untuk siswa kelas tinggi sekolah dasar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan suatu produk pengembangan berupa bahan ajar bahasa Indonesia dengan teka-teki silang kearifan lokal Jember untuk kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pendekatan Design Based Research (DBR) yang mengadopsi dari 6 model fase oleh Peffer dkk. dalam Permata dkk, (2016) dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan di SDN Kepatihan 01 Jember dan SDN Gebang 04 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar hasil validasi dan angket respon siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dra. Suhartiningsih, M.Pd. Dosen Pembimbing Utama : Zetti Finali, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectTeka-teki Silangen_US
dc.subjectKearifan Lokal Jemberen_US
dc.titleGambaran Perilaku Caring Perawat Menurut Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teka- Teki Silang Kearifan Lokal Jember Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasaren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record