• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Gambaran Perilaku Caring Perawat Menurut Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Teka- Teki Silang Kearifan Lokal Jember Untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar

    Thumbnail
    View/Open
    160210204138.pdf (3.554Mb)
    Date
    2021-07-06
    Author
    AMALIA, Faisma Isnanini Rizki
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahan ajar merupakan salah satu bagian penting dalam pembelajaran selama ini. Banyak bahan ajar yang diperuntukkan bagi siswa masih bersifat umum. Kebanyakan bahan ajar yang ada masih belum memuat keadaan lingkungan sekitar siswa seperti kearifan lokal. Hasil wawancara dengan guru SDN Kepatihan 03 Jember, bahan ajar yang digunakan selama pembelajaran tidak memuat kearifan lokal, khususnya kearifan lokal Jember. Hasil wawancara dengan beberapa siswa SDN Kepatihan 03 Jember, kurangnya pemahaman siswa terhadap lingkungan sekitar terkait kearifan lokal, minimnya pengenalan kearifan lokal kepada siswa dengan bantuan permainan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang kearifan lokal Jember. Berdasarkan beberapa masalah yang ditemukan, maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan dan hasil pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis teka-teki silang kearifan lokal Jember untuk siswa kelas tinggi sekolah dasar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan suatu produk pengembangan berupa bahan ajar bahasa Indonesia dengan teka-teki silang kearifan lokal Jember untuk kelas tinggi sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model pendekatan Design Based Research (DBR) yang mengadopsi dari 6 model fase oleh Peffer dkk. dalam Permata dkk, (2016) dengan sedikit penyesuaian sesuai konteks yang dibutuhkan. Penelitian dilakukan di SDN Kepatihan 01 Jember dan SDN Gebang 04 Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan wawancara. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar hasil validasi dan angket respon siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106668
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13114]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta