• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI BAGIAN TUMBUHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA ALAM SEKITAR PADA SISWA KELAS IV SDN BENCE 03 LUMAJANG TAHUN PELAJARAN 2011-2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Lailatul Maghfiroh_001.pdf (264.8Kb)
    Date
    2013-09-18
    Author
    LAILATUL MAGHFIROH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model pembelajaran Quantum Learning merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA, yang membawa siswa belajar dengan suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan. Pembelajaran yang biasanya dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah yang hanya berpusat pada guru, sedangkan siswa hanya duduk mendengarkan penjelasan dari guru. Kurangnya penggunaan media pembelajaran menyebabkan siswa kurang berminat mengikuti kegiatan pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya aktivitas belajar siswa yang dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar IPA siswa pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan model Quantum Learning dengan media alam sekitar di SDN Bence 03 Lumajang tahun pelajaran 2011-2012?, 2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan model Quantum Learning dengan media alam sekitar di SDN Bence 03 Lumajang tahun pelajaran 2011-2012? Tujuan pada penelitian ini adalah: 1) untuk meningkatkan aktivitas belajar IPA siswa pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan model Quantum Learning dengan media alam sekitar di SDN Bence 03 Lumajang tahun pelajaran 2011-2012, 2) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pokok bahasan struktur dan fungsi bagian tumbuhan menggunakan model Quantum Learning dengan media alam sekitar di SDN Bence 03 Lumajang tahun pelajaran 2011-2012. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran berlangsung. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diambil di kelas IV SDN Bence 03 Lumajang dengan subjek terteliti siswa kelas IV Tahun Pelajaran 2011-2012 dengan jumlah siswa 20 yang terdiri dari 8 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Data yang dikumpulkan berupa nilai kemampuan siswa dan partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran melalui lembar observasi yang telah ada. Hasil tes untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan selama proses pembelajaran pada prasiklus, siklus I, siklus II mengalami peningkatan. Persentase ketuntasaan belajar pada prasiklus 40% menjadi 60% pada siklus I dan pada siklus II meningkat dengan persentase ketuntasan 80%. Berdasarkan hasil observasi untuk mengetahui tingkat aktivitas siswa dalam proses pembelajaran diperoleh hasil peningkatan aktivitas siswa dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan aktivitas siswa dari prasiklus dan siklus I adalah 52% menjadi 69% dan aktivitas siswa pada siklus II yaitu 76%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah diperoleh peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas IV SDN Bence 03 Lumajang pokok bahasan Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Tahun Pelajaran 2011-2012. Beberapa saran berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Quantum Learning yaitu, guru harus dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan serta penggunaan media pembelajaran untuk mengembangkan suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1066
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository