Show simple item record

dc.contributor.authorPRATAMA, Tieo Putra
dc.date.accessioned2022-04-22T06:32:55Z
dc.date.available2022-04-22T06:32:55Z
dc.date.issued2022-01-06
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106555
dc.description.abstractEra globalisasi pusat perbelanjaan semakin bertambah dan modern, pusat perbelanjaan saat ini menawarkan banyak produk untuk konsumen. Banyaknya produk yang ditawarkan di pusat perbelanjaan menjadikan konsumen memiliki banyak pilihan. Kehadiran pusat perbelanjaam di Jember cenderung akan mengubah gaya hidup berbelanja dan perilaku konsumsi mahasiswa klas menengah di kota Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan gaya hidup berbelanja dan perilaku konsumsi mahasiswa kelas menengah di Kota Jember ditinjau dari perspektif budaya Jawa dan Madura yang mendorong berkembangnya segmentasi pasar dan ethnosentrisme. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawacara, observasi dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Jawa dari segi etnosentrisme meliputi lebih suka membeli produk luar negeri karenakan gengsi. Sedangkan gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Madura dari segi etnosentrisme meliputi lebih suka membeli produk dalam negeri karenakan kebutuhan. Untuk bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Jawa dari segi segmentasi pasar meliputi lebih suka belanja di mall. Sedangkan bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Madura dari segi segmentasi pasar meliputi membeli barang pada pasar. Bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Jawa dari segi etnosentrisme yaitu bangga memakai barang merek luar negeri. Sedangkan bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Madura dari segi etnosentrisme yaitu bangga menggunakan produk dalam negeri. Untuk bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Jawa dari segi segmentasi pasar yaitu suka makan di restoran. Bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Madura dari segi segmentasi pasar yaitu suka makan di warung yang sesuai dengan selera. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan hasil angket untuk gaya hidup berbelanja mahasiswa dalam segi Etnosentrime untuk etnis Jawa sebesar 80% etnis Madura sebesar 64%. Sedangkan untuk gaya hidup berbelanja mahasiswa dalam segi segmentasi pasar untuk etnis Jawa sebesar 80% etnis Madura sebesar 69%. Untuk perilaku konsumsi mahasiswa dalam segi Etnosentrime untuk etnis Jawa sebesar 81% sedangkan untuk etnis Madura sebesar 69%. Sedangkan untuk perilaku konsumsi mahasiswa dalam segi segmentasi pasar untuk etnis Jawa sebesar 83% sedangkan untuk etnis Madura sebesar 62%.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Pudjo Suharso, M.Si. Dr. Sudikin, M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectSegmentasi Pasaren_US
dc.subjectGaya Hidupen_US
dc.subjectEthnosentrismeen_US
dc.titleGaya Hidup Berbelanja, Segmentasi Pasar dan Ethnosentrisme : Perilaku Konsumsi Mahasiswa Etnis Jawa dan Madura Kelas Menengah di Kota Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record