• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Gaya Hidup Berbelanja, Segmentasi Pasar dan Ethnosentrisme : Perilaku Konsumsi Mahasiswa Etnis Jawa dan Madura Kelas Menengah di Kota Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Tieo Putra Pratama-160210301089.pdf (2.862Mb)
    Date
    2022-01-06
    Author
    PRATAMA, Tieo Putra
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Era globalisasi pusat perbelanjaan semakin bertambah dan modern, pusat perbelanjaan saat ini menawarkan banyak produk untuk konsumen. Banyaknya produk yang ditawarkan di pusat perbelanjaan menjadikan konsumen memiliki banyak pilihan. Kehadiran pusat perbelanjaam di Jember cenderung akan mengubah gaya hidup berbelanja dan perilaku konsumsi mahasiswa klas menengah di kota Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan gaya hidup berbelanja dan perilaku konsumsi mahasiswa kelas menengah di Kota Jember ditinjau dari perspektif budaya Jawa dan Madura yang mendorong berkembangnya segmentasi pasar dan ethnosentrisme. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawacara, observasi dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Jawa dari segi etnosentrisme meliputi lebih suka membeli produk luar negeri karenakan gengsi. Sedangkan gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Madura dari segi etnosentrisme meliputi lebih suka membeli produk dalam negeri karenakan kebutuhan. Untuk bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Jawa dari segi segmentasi pasar meliputi lebih suka belanja di mall. Sedangkan bentuk gaya hidup berbelanja mahasiswa etnis Madura dari segi segmentasi pasar meliputi membeli barang pada pasar. Bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Jawa dari segi etnosentrisme yaitu bangga memakai barang merek luar negeri. Sedangkan bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Madura dari segi etnosentrisme yaitu bangga menggunakan produk dalam negeri. Untuk bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Jawa dari segi segmentasi pasar yaitu suka makan di restoran. Bentuk perilaku konsumsi mahasiswa etnis Madura dari segi segmentasi pasar yaitu suka makan di warung yang sesuai dengan selera. Hasil penelitian ini juga diperkuat dengan hasil angket untuk gaya hidup berbelanja mahasiswa dalam segi Etnosentrime untuk etnis Jawa sebesar 80% etnis Madura sebesar 64%. Sedangkan untuk gaya hidup berbelanja mahasiswa dalam segi segmentasi pasar untuk etnis Jawa sebesar 80% etnis Madura sebesar 69%. Untuk perilaku konsumsi mahasiswa dalam segi Etnosentrime untuk etnis Jawa sebesar 81% sedangkan untuk etnis Madura sebesar 69%. Sedangkan untuk perilaku konsumsi mahasiswa dalam segi segmentasi pasar untuk etnis Jawa sebesar 83% sedangkan untuk etnis Madura sebesar 62%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106555
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [13135]

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPT-Teknologi Informasi dan Komunikasi copyright © 2021  Perpustakaan Universitas Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    Repository Universitas Jember
    Repository Institut Pertanian Bogor
    Repository UIN Syarif Hidayatullah Jakarta