Show simple item record

dc.contributor.authorRIMA FIRDAWATI
dc.date.accessioned2013-12-19T09:57:22Z
dc.date.available2013-12-19T09:57:22Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060210391222
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10653
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan produk sesuai dengan kebutuhan siswa dan guru dalam pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran berbasis masalah yang linier dengan pembelajaran berpusat pada siswa dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala, yakni adanya kekurangan persediaan perangkat pendukung dalam pembelajaran berbasis masalah. Tujuan penelitian dan pengembangan untuk mengetahui efektifitas PBM dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah; efisiensi PBM dengan menggunakan perangkat pembelajaran berbasis masalah; dan daya tarik perangkat pembelajaran berbasis masalah bagi siswa maupun guru. Hasil penelitian diharapkan dapat menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah yang efektif, efisien, dan berdaya tarik bagi siswa maupun guru. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran Ekonomi di kelas XI IPS SMA Negeri 1 Rambipuji. Penelitian dilaksanakan dengan didahului kegiatan (1) Pendahuluan, yaitu melakukan kajian teori, analisis kebutuhan kepada siswa dan guru mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS terhadap perangkat pembelajaran berbasis masalah, dan merancang draf produk; (2) pengembangan melalui kegiatan uji coba kelompok terbatas dan lebih luas yang masing-masing dilaksanakan dalam dua tahap; (3) Uji Produk yang dilaksanakan secara eksperimental bersamaan dengan tahap pengembangan. Populasi dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2,dan XI IPS 3. Sampel yang digunakan sebagai kelas eksperimen adalah siswa kelas XI IPS 2, sedangkan sampel untuk kelas kontrol, yaitu siswa kelas XI IPS 1. Metode pengumpulan data yang digunakan, yaitu metode angket, wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data dianalisis secara eksperimental dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam mencapai tujuan pembelajaran dapat diketahui berdasarkan hasil uji t (t-test). Pada uji coba kelompok lebih luas, diperoleh nilai | t hitung | > dari t table atau | -5,062 | > 1,999 sehingga dapat disimpulkan bahwa antara nilai posttest kelompok kontrol dan perlakuan memberikan hasil yang berbeda nyata. Efisiensi suatu produk dalam mencapai tujuan pembelajaran terkait dengan alokasi waktu yang digunakan dan hasil yang dicapai. Pada uji coba kelompok lebih luas diperoleh data mengenai alokasi waktu yang digunakan, yaitu pada kelompok eksperimen sebanyak 1 pertemuan (2×45 menit), sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 2 pertemuan (4×45 menit) dengan rata-rata nilai post tes pada kelompok eksperimen sebesar 80,203, sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 68,453. Dengan demikian, perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. Daya tarik suatu produk dapat ditentukan berdasarkan perasaan dan minat siswa maupun guru terhadap perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan. Berdasarkan rekapitulasi hasil respon, diketahui bahwa siswa memberikan rata-rata skor sebesar 4,25 dan guru memberi rata-rata skor sebesar 4,86 sehingga dapat dikategorikan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan berdaya tarik sangat tinggi bagi siswa maupun guru. Berdasarkan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis masalah yang dikembangkan efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran dan berdaya tarik sangat tinggi bagi siswa maupun guru.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391222;
dc.subjectPembelajaran Berbasis Masalah pada Mata Pelajaran Ekonomien_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SEMESTER GASAL POKOK BAHASAN KETENAGAKERJAAN DAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 RAMBIPUJI TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record