PENING KATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJ AR F ISIKA DENG AN MULTIMEDIA INTERAKTIF (MMI) P ADA SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 10 JEMBER
Abstract
Penelitian  ini  dilatarbelakangi  oleh  hasil  observasi  yang  dilakukan  pada 
bulan Agustus 2010 dengan guru  mata pelajaran  fisika di SMP Negeri 10 Jember, 
didapatkan  hasil  belajar  IPA  di  SMP  Negeri  10  Jember  rendah.  Hal  ini 
ditunjukkan oleh rata-rata  hasil  ulangan  harian kelas  VII SMP Negeri 10 Jember 
yang  hanya  mencapai  nilai  57,5  dengan  rata-rata  kelas  paling  rendah  50,2  pada 
kelas VII-C. Selain  itu aktifitas belajar siswa di SMP Negeri 10 Jember tergolong 
rendah  sekitar  35%  siswa  yang  aktif,  sehingga  setiap  pembelajaran  fisika  perlu 
diadakan pendekatan  lebih  agar siswa  tidak  malas dan aktif dalam pembelajaran. 
Rendahnya  hasil  belajar  dan  aktivitas  siswa  dikarenakan  rendahnya  motivasi 
siswa dalam belajar  fisika, didapatkan bahwa pembelajaran IPA khususnya  fisika 
masih  menggunakan  pembelajaran  konvensional  dengan  metode  ceramah,  dalam 
hal ini guru sebagai sumber informasi terlalu mendominasi dalam pembelajaran di 
kelas.  Penggunakan  media  pembelajaran  dalam  kegiatan  belajar  mengajar  sering 
digunakan, akan tetapi  hanya berbentuk slide persentasi dimana  hanya  guru  yang 
aktif dalam penggunaan media tersebut dan murid hanya besifat pasif.  
Salah  satu  pendekatan  yang  relevan  yang  bisa  diterapkan  dalam 
pembelajaran  fisika  adalah  dengan  menggunakan  media  yang  interaktif  sehingga 
bisa  meningkatkan  minat  dan  kreatifitas  siswa  untuk  aktif  dalam  belajar,  media 
yang dapat digunakan bermacam- macam tetapi dalam penelitian ini menggunakan 
Multimedia  Interaktif  (MMI).  Berdasarkan  hal  tersebut  maka  dilakukan 
penelitian, dengan tujuan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan 
aktivitas  belajar  siswa  kelas  VII-C  dengan  Multimedia  Interaktif  (MMI);  (2) 
Untuk  mendeskripsikan  peningkatan  hasil  belajar  siswa  kelas  VII-C  dengan 
Multimedia Interaktif (MMI). Penelitian ini dilakukan di kelas VII-C SMP Negeri 
10  Jember  yang  didasarkan  pada  permasalahan  proses  belajar  mengajar  yang 
terjadi,  yaitu  rendahnya  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa.  Jenis  penelitian  ini adalah  “penelitian  tindakan  kelas  (Classroom  Action  Research)”.  Metode 
pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi,  wawancara, 
dokumentasi,  dan  tes.  Analisis  data  yang  digunakan  adalah  analisis  deskriptif  
yaitu  mendeskripsikan  secara  kualitatif  maupun  kuantitatif  data  hasil  penelitian: 
(1)  aktivitas  belajar  untuk  mengetahui  peningkatan  aktivitas  belajar  siswa  antara 
pembelajaran  pada  siklus  I  dan  siklus  II;  (2)  peningkatan  hasil  belajar  untuk 
mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II.  
Data  hasil  observasi  yang  menunjukkan  bahwa  rata-rata  aktivitas  belajar 
siswa sebelum dilaksanakan  tindakan  mencapai 35%, sedangkan  aktivitas belajar 
siswa  sesudah  dilaksanakan  tindakan  telah  mengalami  peningkatan  yaitu 
ditunjukkan  dengan  besarnya  persentase  secara  klasikal  aktivitas  belajar  siswa 
yaitu  sebesar  62.63%  pada  siklus  I.  Pada  siklus  II  aktivitas  belajar  telah 
mengalami  peningkatan  yang  ditunjukkan  dengan  besarnya  persentase  secara 
klasikal  aktivitas  belajar  siswa  meningkat  menjadi  68,75%.  Sehingga  dapat 
disimpulkan  bahwa  aktivitas  belajar  siswa  pada  siklus  I  dan  siklus  II  secara 
keseluruhan  dapat  dikatakan  telah  mengalami  peningkatan  dibandingkan  dengan 
sebelum adanya perlakuan. Pada Ketuntasan hasil belajar siswa sebelum diadakan 
perlakuan  sebesar  14,28%  dengan  nilai  rata-rata  kelas  50.83,  sedangkan  pada 
siklus  I  sebesar  78,79%  dengan  nilai  rata-rata  kelas  71,74  dan  pada  siklus  II 
sebesar  88,89%  dengan  nilai  rata-rata  kelas  80.19.  Sehingga  dapat  disimpulkan 
bahwa secara keseluruhan ketuntasan  hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II 
dapat dikatakan telah mengalami peningkatan. 
Kesimpulan  penelitian  ini  adalah:  (1)  Multimedia  Interaktif  (MMI)  dapat 
meningkatkan  aktivitas  belajar  siswa  dalam  pembelajaran  fisika  pada  pokok 
Wujud  Zat  dan  Perubahannya  kelas  VII-C  di  SMP  Negeri  10  Jember,  (2) 
Multimedia  Interaktif  (MMI)  dapat  meningkatkan  hasil  belajar  siswa  dalam 
pembelajaran  fisika  pada  pokok  Wujud  Zat  dan  Perubahannya  kelas  VII-C  di 
SMP Negeri 10 Jember.
