• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DISERTAI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (STUDI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS VII SMP NEGERI 5 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011)

    Thumbnail
    View/Open
    SKRIPSI SITI FATIMAH (06-2147)_001.pdf (178.7Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Siti Fatimah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ilmu fisika merupakan bagian dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang menerangkan fenomena-fenomena dan kejadian alam serta berusaha memecahkan persoalannya melalui pengamatan dan gambaran fikiran manusia. Mempelajari fisika berarti memecahkan serta menemukan mengapa dan bagaimana peristiwa itu terjadi. Proses pembelajaran fisika siswa dituntut untuk dapat membangun pengetahuan dalam dirinya sendiri dengan peran aktifnya selama proses belajar mengajar berlangsung. Pandangan secara umum yang banyak terjadi siswa masih mengganggap mata pelajaran fisika sebagai pelajaran paling sulit sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penyebab fisika masih menjadi momok yang menakutkan bagi siswa adalah penyajian pengajaran fisika. Banyak yang mengajar dengan tidak menyenangkan. Guru sebaiknya mampu untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran yang menarik untuk mengajarkan konsep fisika pada siswa. Alternatif media yang dapat digunakan adalah media komik disertai pertanyaan, dimana komik tersebut tampilan dan isinya tidak hanya berisi gambar dan dialog antar tokoh sebagaimana layaknya komik yang dikenal selama ini. Namun berisi cerita yang berhubungan dengan penerapan materi fisika dalam kehidupan sehari-hari yang didalam alur ceritanya disertakan pertanyaan-pertanyaan yang harus dikerjakan oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengkaji adakah pengaruh yang signifikan dari penggunaan media komik disertai pertanyaan terhadap hasil belajar fisika siwa di SMP Negeri 5 Tanggul; (2) untuk mengkaji tingkat aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media komik disertai pertanyaan pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul; (3) Untuk mengkaji retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan media komik disertai pertanyaan pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian ditentukan menggunakan cara purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan control group pre-test post-test design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan ketiga, serta menggunakan persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Analisis data terhadap hasil belajar siswa menggunakan uji diperoleh nilai dan nilai = 1,994 sehingga , maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis kerja diterima. Hasil analisis aktivitas siswa pada kelas eksperimen diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar 76,10% dan termasuk pada kategori aktif. Analisis data untuk mengetahui retensi belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan uji diperoleh nilai dan , sehingga , maka hipotesis nihil diterima dan hipotesis kerja ditolak. Sehingga dapat dinyatakan bahwa retensinya termasuk baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media komik disertai pertanyaan terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul materi kalor semester ganjil tahun ajaran 2010/2011; (2) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media komik disertai pertanyaan pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk dalam kategori aktif; (3) retensi hasil belajar fisika siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan media komik disertai pertanyaan pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10584
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository