PENGGUNAAN MEDIA KOMIK DISERTAI PERTANYAAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMP (STUDI HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI POKOK KALOR KELAS VII SMP NEGERI 5 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011)
Abstract
Ilmu  fisika  merupakan  bagian  dari  Ilmu  Pengetahuan  Alam  (IPA)  yang 
menerangkan fenomena-fenomena dan kejadian alam serta berusaha memecahkan 
persoalannya  melalui  pengamatan  dan  gambaran  fikiran  manusia.  Mempelajari 
fisika  berarti  memecahkan  serta  menemukan  mengapa  dan  bagaimana  peristiwa 
itu  terjadi.  Proses  pembelajaran  fisika  siswa  dituntut  untuk  dapat  membangun 
pengetahuan  dalam  dirinya  sendiri  dengan  peran  aktifnya  selama  proses  belajar 
mengajar berlangsung. Pandangan secara umum yang banyak terjadi siswa masih 
mengganggap  mata  pelajaran  fisika  sebagai  pelajaran  paling  sulit  sehingga 
berdampak  pada  rendahnya  hasil  belajar  siswa.  Penyebab  fisika  masih  menjadi 
momok yang menakutkan bagi siswa adalah penyajian pengajaran fisika. Banyak 
yang mengajar dengan tidak menyenangkan.  
Guru  sebaiknya  mampu  untuk  menciptakan  pembelajaran  yang  kreatif  dan 
menyenangkan. Salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran yang 
menarik untuk mengajarkan konsep fisika pada siswa. Alternatif media yang dapat 
digunakan  adalah  media  komik  disertai  pertanyaan,  dimana  komik  tersebut 
tampilan dan isinya tidak hanya berisi gambar dan dialog antar tokoh sebagaimana 
layaknya  komik  yang  dikenal  selama  ini.  Namun  berisi  cerita  yang  berhubungan 
dengan  penerapan  materi  fisika  dalam  kehidupan  sehari-hari  yang  didalam  alur 
ceritanya  disertakan  pertanyaan-pertanyaan  yang  harus  dikerjakan  oleh  siswa. 
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah:  (1)  untuk  mengkaji  adakah  pengaruh  yang 
signifikan dari penggunaan media komik disertai pertanyaan terhadap hasil belajar 
fisika siwa di SMP Negeri 5 Tanggul; (2) untuk mengkaji tingkat aktivitas belajar 
siswa  dengan  menggunakan  media  komik  disertai  pertanyaan  pada  pembelajaran 
fisika  di  SMP  Negeri  5  Tanggul;  (3)  Untuk  mengkaji  retensi  hasil  belajar  fisika siswa  terhadap  materi  yang  disampaikan  menggunakan  media  komik  disertai 
pertanyaan pada pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan tempat penelitian 
ditentukan  menggunakan  cara  purposive  sampling  area.  Penelitian  ini 
dilaksanakan di SMP Negeri 5 Tanggul. Responden penelitian ditentukan setelah 
dilakukan  uji  homogenitas.  Penentuan  sampel  penelitian  dengan  cluster  random 
sampling.  Rancangan  penelitian  menggunakan  control  group  pre-test  post-test 
design.  Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini  adalah  observasi, 
wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji   untuk 
menjawab  rumusan  masalah  yang  pertama  dan  ketiga,  serta  menggunakan 
persentase aktivitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. 
Analisis  data  terhadap  hasil  belajar  siswa  menggunakan  uji    diperoleh 
nilai    dan  nilai    =  1,994  sehingga  ,  maka  hipotesis 
nihil   ditolak dan hipotesis kerja   diterima. Hasil analisis aktivitas siswa 
pada  kelas  eksperimen  diperoleh  persentase  aktivitas  siswa  sebesar    76,10%  dan 
termasuk pada kategori aktif. Analisis data untuk mengetahui retensi belajar siswa 
pada  kelas  eksperimen  menggunakan  uji    diperoleh  nilai  dan 
,  sehingga  ,  maka  hipotesis  nihil    diterima  dan 
hipotesis  kerja    ditolak.  Sehingga  dapat  dinyatakan  bahwa  retensinya 
termasuk baik.  
Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh yang signifikan dari 
penggunaan  media  komik  disertai  pertanyaan  terhadap  hasil  belajar  siswa  pada 
pembelajaran fisika di SMP Negeri 5 Tanggul materi kalor semester ganjil tahun 
ajaran  2010/2011;  (2)  aktivitas  belajar  siswa  dengan  menggunakan  media  komik 
disertai  pertanyaan  pada  pembelajaran  fisika  di  SMP  Negeri  5  Tanggul  semester 
ganjil  tahun  ajaran  2010/2011  termasuk  dalam  kategori  aktif;  (3)  retensi  hasil 
belajar fisika siswa terhadap materi yang disampaikan menggunakan media komik 
disertai  pertanyaan  pada  pembelajaran  fisika  di  SMP  Negeri  5  Tanggul  semester 
ganjil tahun ajaran 2010/2011 termasuk baik.
