Penggunaan Media Prezi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Dagang (Studi Kasus Pada Kelas Xii Ips 2 Sma Negeri 4 Jember Tahun Ajaran 2018/2019)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media Prezi dalam meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember pada materi jurnal penyesuaian
perusahaan dagang semester genap tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus mulai dari tahap perencanaan, pelaksaan tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 36 siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 4 Jember.
Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumen. Analisis data
yang digunakan secara deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
penggunaan media Prezi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada siklus I motivasi
belajar siswa termasuk dalam kategori sedang dengan skor 1,2 dan mengalami peningkatan pada siklus
II dengan skor 1,8 dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 79,06 dengan
ketuntasan klasikal sebesar 77,7% dan mengalami peningkatan menjadi 82,5 dengan ketuntasan klasikal
sebesar 88,8% pada siklus II.
Collections
- LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7354]