PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING, INTEGRATING (SOI) MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V SDN TEMPUREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Melalui pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang 
relevan dengan kepentingan serta tingkat usianya, karena anak kelompok usia 7-11 
tahun   berada   dalam   perkembangan   kemampuan   intelektual  tingkat   operasional 
konkrit.  Pengamatan  yang dilakukan peneliti pada tanggal 20 juli 2011 terhadap 
masalah belajar siswa di SD Negeri Tempurejo 01 adalah rendahnya motivasi belajar 
siswa kelas V dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS). Motivasi 
belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang  tergolong dalam kategori  rendah yaitu 
55,2 %, perolehan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM 
yang ditetapkan oleh Sekolah.  Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut tidak 
terlepas   dari   penggunaan   metode   pembelajaran   yang   dipakai   guru   tidak 
menyesuaikan   dengan   perkembangan   siswa   dan   karakteristik   pelajaran.  Model 
Selecting,   Organizing,   integrating  (SOI)  relevan   untuk   dikembangkan   dalam 
pendidikan   IPS   di   SD,   melalui   pendekatan  SOI  diharapkan   para   siswa   dapat 
mengkonstruksi pengetahuan yang sesuai dengan kepentingan serta tingkat usianya 
sekaligus   dapat   mengembangkan  keterampilan   sosial  siswa.   Berdasarkan   latar 
belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah 
peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan   model belajar SOI pada 
siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 
2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan 
Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar 
siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN 
Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS   Pokok   bahasan   Peninggalan   sejarah   Kerajaan   Hindu,   Buddha   dan   Islam   di 
Indonesia ?
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan 
personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk  untuk meningkatkan motivasi  dan 
hasil belajar  siswa dengan menggunakan   model belajar SOI pada siswa kelas V 
Semester   I   SDN   Tempurejo   01   Semester   I   Kabupaten   Jember   tahun   pelajaran 
2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Kerajaan 
Hindu,   Buddha   dan   Islam   di   Indonesia.  Penelitian  dilaksanakan   di   SD   Negeri 
Tempurejo  01 kelas V Semester  I  Tahun Pelajaran  2011/2012  yang terdiri dari  40 
siswa,  19  siswa  perempuan, 21  siswa  laki-laki. Metode pengumpulan data melalui 
wawancara, observasi, dokumentasi dan   tes. Teknik analisa data yang digunakan 
adalah deskriptif kualitatif .
Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Nopember sampai 05 Desember 
2011.   Data   yang   dikumpulkan   berupa  motivasi  dan   hasil   belajar   siswa.   Hasil 
pengamatan  peneliti  diperoleh persentase  motivasi  siswa pada  kegiatan prasiklus 
adalah   55,2%,  siklus  I  adalah  66,7%  dan  Siklus  II  sebesar  74  %.  Berdasarkan 
ketuntasan hasil belajar siswa pada tes prasiklus adalah 61,3%, siklus I sebesar 71,2% 
dan   Siklus   II   sebesar  76,6%.  Analisa  hasil   belajar   pada   siklus   I   dan   siklus   II 
menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar 
IPS.
Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran(SOI) dapat meningkatkan 
motivasi dan hasil belajar siswa dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas V 
pokok bahasan  Peninggalan sejarah Hindu, Buddha, Islam di Indonesia. Dengan 
melihat adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, diharapkan personal 
sekolah khususnya  guru dapat menggunakan pembelajaran  Selecting,   organizing, 
integrating (SOI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran 
yang sama di dalam kelas serta dapat digunakan peneliti lain sebagai masukan untuk 
melakukan   penelitian   sejenis   yang   lebih   lanjut   tentang   pembelajaran   IPS 
menggunakan model belajar SOI.
