• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING, INTEGRATING (SOI) MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V SDN TEMPUREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Fitroh Setyo P. Pribowo_001.pdf (1.279Mb)
    Date
    2013-09-17
    Author
    Fitroh Setyo Putro Pribowo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Melalui pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang relevan dengan kepentingan serta tingkat usianya, karena anak kelompok usia 7-11 tahun berada dalam perkembangan kemampuan intelektual tingkat operasional konkrit. Pengamatan yang dilakukan peneliti pada tanggal 20 juli 2011 terhadap masalah belajar siswa di SD Negeri Tempurejo 01 adalah rendahnya motivasi belajar siswa kelas V dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang tergolong dalam kategori rendah yaitu 55,2 %, perolehan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM yang ditetapkan oleh Sekolah. Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut tidak terlepas dari penggunaan metode pembelajaran yang dipakai guru tidak menyesuaikan dengan perkembangan siswa dan karakteristik pelajaran. Model Selecting, Organizing, integrating (SOI) relevan untuk dikembangkan dalam pendidikan IPS di SD, melalui pendekatan SOI diharapkan para siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang sesuai dengan kepentingan serta tingkat usianya sekaligus dapat mengembangkan keterampilan sosial siswa. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah peningkatan motivasi belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa, guru, peneliti lain dan personal sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Semester I Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012 pada mata pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Kerajaan Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tempurejo 01 kelas V Semester I Tahun Pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 40 siswa, 19 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif . Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 21 Nopember sampai 05 Desember 2011. Data yang dikumpulkan berupa motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil pengamatan peneliti diperoleh persentase motivasi siswa pada kegiatan prasiklus adalah 55,2%, siklus I adalah 66,7% dan Siklus II sebesar 74 %. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa pada tes prasiklus adalah 61,3%, siklus I sebesar 71,2% dan Siklus II sebesar 76,6%. Analisa hasil belajar pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran(SOI) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas V pokok bahasan Peninggalan sejarah Hindu, Buddha, Islam di Indonesia. Dengan melihat adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa, diharapkan personal sekolah khususnya guru dapat menggunakan pembelajaran Selecting, organizing, integrating (SOI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran yang sama di dalam kelas serta dapat digunakan peneliti lain sebagai masukan untuk melakukan penelitian sejenis yang lebih lanjut tentang pembelajaran IPS menggunakan model belajar SOI.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1049
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository