• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Strategi Bersaing Akasia Coffee di Sumbersari Kabupaten Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Tria Martania-160910202059.pdf (6.290Mb)
    Date
    2020-08-27
    Author
    MARTANIA, Tria
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Akasia Coffee merupakan salah satu usaha kafe yang berada di Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember. Penjualan dan pemasaran Akasia Coffee dilakukan dengan membuka outlet. Pesaing Akasia Coffee ini tidak hanya di Kecamatan Sumbersari, melainkan pesaing seluruh Kabupaten Jember. terdapat strategi pemasaran yang dapat dilakukan untuk memenangkan pasar, yaitu keunggulan bersaing. Terdapat tiga aspek dalam strategi keunggulan bersaing terkait dengan kepemimpinan biaya, differensiasi, dan fokus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi bersaing kafe pada Akasia Coffee di Sumbersari Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan paradigma naturalistik dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Akasia Coffee yang bertempat di jalan Krajan Barat, Kecamatan Sumbersari atau di Jember Town Square Block C-1. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data kualitatif dengan metode kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui dua sumber, antara lain dari sumber sekunder dan sumber primer. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, dan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan metode analisis domain dan taksonomi. Penggunaan metode analisis domain dan taksonomi dalam penelitian ini bertujuan untuk memperjelas dan membatasi permasalahan yang dibahas dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Akasia Coffee menggunakan semua pendekatan strategi keunggulan bersaing dengan implementasinya meliputi: penggunaan efisiensi bahan baku dengan membeli langsung pada supplier yang menawarkan harga yang lebih murah dengan aspek kualitas bahan baku yang bagus; penerapan strategi harga yang mahal pada penjualan produk dengan mementingkan aspek pelayanan dan fasilitas, serta kualitas produk; memiliki berbagai varian produk dan lebih mengedepankan inovasi produk; memberikan fasilitas yang lengkap dengan tempat dan suasana yang nyaman; memberikan pelayanan dengan menerapkan kesemua pegawai untuk melayani konsumen dengan sepenuh hati dan menjamu konsumen secara homey, serta memberikan pelayanan melalui aplikasi go-food; menjaga kualitas produk agar terciptanya rasa yang enak dan konsisten; melakukan promosi produk dengan menggunakan metode online dan offline; dan memiliki pangsa pasar tertentu dengan persentase 60% mahasiswa dan 40% dari sales dan kantoran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104465
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5640]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository