Show simple item record

dc.contributor.advisorNARULITA, Erlia
dc.contributor.advisorUTOMO, Anjar Putro
dc.contributor.authorBULGIS, Lailatul
dc.date.accessioned2021-04-07T00:56:05Z
dc.date.available2021-04-07T00:56:05Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103923
dc.description.abstractBerdasarkan hasil survey TIMSS prestasi sains (Science Achievement) siswa SMP kelas VIII pada tahun 2011, Indonesia berada pada urutan 39 dari 41 negara dengan skor 406, dari rata-rata skor internasional 500, sehingga Indonesia mendapatkan predikat low science International benchmark. Hasil tersebut dinilai berdasarkan kerangka penilaian TIMSS dan dari hasil skor siswa Indonesia rata-rata masih berada pada kemampuan knowing. Berdasarkan data tersebut mengindikasikan bahwa siswa Indonesia hanya sampai mampu mengenali fakta dasar tetapi belum mampu mengkomunikasikan, mengaitkan berbagai topik sains, serta menerapkan konsep. Keterampilan proses sains siswa Indonesia rendah dikarenakan beberapa faktor, diantaranya : dalam pembelajaran IPA sikap ilmiah dan aktivitas ilmiah kurang optimal, selain itu metode pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru (teacher centered), sehingga siswa tidak memperoleh pengalaman belajar yang menantang dan bermakna. Guru kurang melibatkan siswa untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran ketika di kelas. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengkaji atau menelaah pengaruh model pembelajaran engineering design process (EDP) dengan pendekatan STEM terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah true experimental dengan pretest-posttest control group design. Penentuan tempat penelitian dilakukan secara purposive sampling area. Artinya peneliti memilih informasi dengan pertimbangan tertentu sebagai sampel. Tempat penelitian yang dipilih adalah MTs Negeri 1 Jember tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berindikator KPS. Analisis data yang dilakukan yaitu, menggunakan uji statistik. Hasil penelitian menggunakan model EDP dengan pendekatan STEM menunjukkan bahwa, pembelajaran menggunakan model pembelajaran engineering design process pada pendekatan STEM berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses sains siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa pada kelas control sebesar 42,5 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 60,27. Data tersebut juga didukung dari hasil uji menggunakan independent sample t test dengan signifikansi yaitu 0,000 (sig. 0,000 < s0,05) yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perbedaan perlakuan terhadap keterampilan proses sains siswa antara kelas control dan eksperimenen_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries160210104044;
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectEngineering Design Processen_US
dc.subjectSTEMen_US
dc.subjectScientific Process Skillen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Engineering Design Process Dengan Pendekatan Stem Terhadap Scientific Process Skill Siswa Smpen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodi0210104


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record