• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Macromedia Flash Betif (Alfabet Edukatif) Dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B DI TK Muslimat Jundulloh Jombang Tahun Pelajaran 2020/2021

    Thumbnail
    View/Open
    An`nisaa Lestari- 160210205096 Sdh.pdf (5.978Mb)
    Date
    2020-12-28
    Author
    Lestari, An’nisaa
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kecerdasan linguistik anak usia dini adalah kemampuan anak dalam menggunakan kata-kata dengan benar, baik secara lisan atau tulisan. Membangun anak agar memiliki kecerdasan linguistik tentunya tidak lepas dari penggunaan media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru untuk menyampaikan materi, disisi lain siswa juga membutuhkannya agar mereka dapat menangkap dengan baik informasi yang telah diberikan oleh guru. Pada penelitian ini media pembelajaran yang digunakan dalam menstimulus kecerdasan linguistik pada anak usia dini berupa macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif). Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil dari pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh Jombang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, dan lembar angket respon guru terhadap pembelajaran. Penelitian pengembangan media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan yaitu: (1) mengidentifikasi masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) mendesain produk; (4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba produk; (7) revisi x produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) pembuatan produk massal. Namun dalam penelitian pengembangan ini, tahapan yang dilakukan oleh peneliti hanya dilaksanakan sampai tahap kesembilan. Pada tahap produksi massal belum dapat dilaksanakan karena peneliti hanya memproduksi barang atau produk media untuk uji kevalidan, keefektifan, kepraktisan. Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang diberikan oleh validator ahli dan validator dari praktisi dengan perolehan skor rata-rata adalah 4,4; (2) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang menunjukkan nilai di atas rata-rata yaitu lebih dari 90 dan ketercapaian indikator pencapaian pembelajaran yang memperoleh hasil 3,6 dengan interpretasi tinggi; dan (3) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik dan juga dari angket respon guru terhadap pembelajaran yang memperoleh persentase 95%. Respon guru ketika mengajar menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) menunjukkan hasil positif dan anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Saran dari penelitian pengembangan media macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) yang telah dilaksanakan adalah media pembelajaran macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dapat menjadi salah satu referensi atau masukan dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak dan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam membuat media pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103812
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15431]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository