Pengembangan Macromedia Flash Betif (Alfabet Edukatif) Dalam Menstimulasi Kecerdasan Linguistik Anak Kelompok B DI TK Muslimat Jundulloh Jombang Tahun Pelajaran 2020/2021
Abstract
Kecerdasan linguistik anak usia dini adalah kemampuan anak dalam
menggunakan kata-kata dengan benar, baik secara lisan atau tulisan. Membangun
anak agar memiliki kecerdasan linguistik tentunya tidak lepas dari penggunaan
media pembelajaran yang digunakan. Media pembelajaran sangat dibutuhkan oleh
guru untuk menyampaikan materi, disisi lain siswa juga membutuhkannya agar
mereka dapat menangkap dengan baik informasi yang telah diberikan oleh guru.
Pada penelitian ini media pembelajaran yang digunakan dalam menstimulus
kecerdasan linguistik pada anak usia dini berupa macromedia flash BETIF
(Alfabet Edukatif).
Rumusan Masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimana proses dan hasil
dari pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam
menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh
Jombang?”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan
hasil pengembangan macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dalam
menstimulasi kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Muslimat Jundulloh
Jombang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan model
pengembangan Borg and Gall. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi,
lembar observasi, dan lembar angket respon guru terhadap pembelajaran.
Penelitian pengembangan media pembelajaran macromedia flash BETIF
(Alfabet Edukatif) ini terdapat beberapa langkah yang dilakukan yaitu: (1)
mengidentifikasi masalah; (2) mengumpulkan informasi; (3) mendesain produk;
(4) validasi desain produk; (5) revisi desain produk; (6) uji coba produk; (7) revisi
x
produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) pembuatan produk massal.
Namun dalam penelitian pengembangan ini, tahapan yang dilakukan oleh peneliti
hanya dilaksanakan sampai tahap kesembilan. Pada tahap produksi massal belum
dapat dilaksanakan karena peneliti hanya memproduksi barang atau produk media
untuk uji kevalidan, keefektifan, kepraktisan.
Berdasarkan dari hasil penelitian pengembangan media pembelajaran
macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) yang telah dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash
BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan valid berdasarkan dari penilaian yang
diberikan oleh validator ahli dan validator dari praktisi dengan perolehan skor
rata-rata adalah 4,4; (2) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash
BETIF (Alfabet Edukatif) dikategorikan efektif dilihat dari aktivitas anak yang
menunjukkan nilai di atas rata-rata yaitu lebih dari 90 dan ketercapaian indikator
pencapaian pembelajaran yang memperoleh hasil 3,6 dengan interpretasi tinggi;
dan (3) pembelajaran dengan menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet
Edukatif) dikategorikan praktis dilihat dari aktivitas guru yang menunjukkan
persentase di atas rata-rata yaitu 90% dengan interpretasi baik dan juga dari
angket respon guru terhadap pembelajaran yang memperoleh persentase 95%.
Respon guru ketika mengajar menggunakan macromedia flash BETIF (Alfabet
Edukatif) menunjukkan hasil positif dan anak lebih antusias dalam kegiatan
pembelajaran.
Saran dari penelitian pengembangan media macromedia flash BETIF
(Alfabet Edukatif) yang telah dilaksanakan adalah media pembelajaran
macromedia flash BETIF (Alfabet Edukatif) dapat menjadi salah satu referensi
atau masukan dalam mengembangkan kecerdasan linguistik anak dan dapat
menjadi bahan pertimbangan dalam membuat media pembelajaran.