PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN DAN PROFESIONALISME KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 JEMBER
Abstract
Gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah merupakan variabel
berpengaruh terhadap kinerja guru sebagai variabel dependen. Seberapa besar 
pengaruh  gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja
guru dan secara bersama-sama  merupakan rumusan masalah penelitian. Dengan
tujuan penelitian mengetahui besarnya pengaruh gaya kepemimpinan dan
profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja guru, baik secara sendiri-sendiri
maupun secara bersama-sama. Hasil penelitian ini diharapkan  secara  akademis 
memberikan kontribisi dalam studi manajemen pendidikan dan kepemiminan kepala
sekolah. Secara pribadi  menambah wawasan dan kemampuan pribadi penulis dalam
melakukan penelitian kuantitatif. Secara praktis memberikan informasi bagi pihak
manajemen sekolah, kepala sekolah dan guru dalam usahanya meningkatkan kinerja
sekolah maupun dalam rangka pengembangan kualitas kepemimpinan dan
profesionalisme kepala sekolah. 
 Tipe penelitian adalah survey dengan SMA Negeri 3 Jember sebagai lokasi
penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh guru yang berstatus PNS dan mengajar
mata pelajaran. Guru PNS sebanyak 36 orang dan selurhnya penulis tetapkan 
menjadi sampel. Teknik pengumpulan data primer adalah menggunakan kuesioner
dan teknik pengolahan datanya dengan teknik deskriptif dan ekonometrik. Teknik
analisis data yaitu menggunakan regresi berganda dan analisis korelasi. 
 Analisis deskriptif menggambarkan, bahwa sebagian besar guru menyatakan
bahwa  kepala sekolah dalam memimpin menggunakan  gaya  kepemimpinan 
demokratis dan sangat professional serta kinerja guru  sangat baik atau sangat tinggi.
Hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa bahwa apabila nilai variabel Gaya  Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1)  mengalami kenaikan sebesar satu poin,
sementara variabel independen lainnya bersifat tetap, maka (Y) akan mengalami
peningkatan sebesar 0,833 point. Demikian pula  apabila nilai variabel
Profesionalisme Kepala Sekolah (X2) mengalami kenaikan sebesar satu poin,
sementara variabel independen lainnya bersifat tetap, maka (Y) mengalami
peningkatan sebesar 1,412 point. Hasil analisis korelasi parsial, variabel bebas yang
paling dominan memberikan pengaruh terhadap Y (kinerja guru) adalah
profesionalisme kepala sekolah (X2) yakni sebesar 51,88 persen disbanding  gaya 
kepemimpinan kepala sekolah yang hanya sebesar 36,56 %. Dari  keeratan hubungan
(korelasi),ada hubungan yang positif dan signifikan antara gaya kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA 3 Jember. Demikian pula ada hubungan
yang positif dan signifikan antara profesionalisme kepala sekolah terhadap kinerja
guru SMA 3 Jember. Kemudian secara bersama-sama ada hubungan yang positif dan
signifikan  antara gaya kepemimpinan dan profesionalisme kepala sekolah terhadap
Kinerja Guru SMA 3 Jember.