• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN CREATIVE THINKING SISWA MELALUI LESSON STUDY

    Thumbnail
    View/Open
    Evy Eka Seftiawati - 080210103028 (2)_1.pdf (285.7Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Evy Eka Seftiawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan sebagai sumber daya insani sepatutnya mendapat perhatian secara terus menerus. Peningkatan mutu pendidikan berarti pula peningkatan kualitas sumber daya manusia. Untuk itu perlu dilakukan pembaruan dalam bidang pendidikan dari waktu ke waktu tanpa henti. Pendidikan di Indonesia dapat dikatakan masih rendah. Upaya memperbaiki kualitas pendidikan telah dan senantiasa dilakukan dalam berbagai hal, namun upaya meningkatkan kualitas pendidikan dengan perbaikan kualitas pembelajaran inovatif di sekolah yang menyangkut pemberdayaan kemampuan berfikir kreatif, secara sengaja belum pernah dilakukan. Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang terdiri atas fase membuat pertanyaan, memprediksi jawaban, mengklarifikasi serta merangkum materi yang telah dilaksanakan, diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar biologi dan Creative Thinking siswa . Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh strategi pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar dan Creative Thinking siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Jember pada bulan April sampai Mei semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas X SMA Negeri 1 Jember. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar biologi siswa, check list instrumen penilaian creative thinking, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji homogenitas dengan analisis varian (ANOVA), dan ANAKOVA terhadap hasil belajar kognitif dan creative thinking serta t-test terhadap data hasil afektif dan psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian, hasil analisis data terhadap nilai pretest dan posttest siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya F 0 = 35,55 > F = 3,98 dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H ditolak, artinya pengaruh yang diberikan kedua perlakuan antara kelas eksperimen (strategi pembelajaran Reciprocal Teaching) dengan kelas kontrol (strategi pembelajaran konvensional) tidak identik. Sedangkan untuk hasil analisis data terhadap hasil belajar afektif dapat diketahui bahwa besarnya t test = 2,57 > t 0 = 1,66 dan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 4,94. Hasil analisis data terhadap hasil belajar psikomotorik dapat diketahui bahwa t 0,05 test = 2,4 > t = 1,66 dan beda rerata nilai kelas eksperimen terhadap kelas kontrol bernilai positif 3,64. Dengan demikian dapat menunjukkan bahwa strategi Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif secara signifikan terhadap kenaikan hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember. Analisis tehadap Creative Thinking siswa dapat diperoleh dari perhitungan check list dari instrumen penilaian Crative Thinking. Analisis terhadap data nilai Creative Thinking siswa dapat diperoleh besarnya F 0 = 50,96 > F = 3,98 dengan probabilitas 0,00. Dengan demikian H ditolak, artinya pengaruh yang diberikan kedua perlakuan (kelas eksperimen dan kontrol) tidak identik atau berbeda. Hasil tersebut menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif secara signifikan dalam meningkatkan Crative Thinking siswa. 0 Kesimpulan terhadap hasil penelitian yaitu strategi pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh positif terhadap kenaikan hasil belajar dan dalam meningkatkan Crative Thinking siswa siswa kelas X SMA Negeri 1 Jember.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10362
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository