PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SELECTING, ORGANIZING, INTEGRATING (SOI) MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PENINGGALAN SEJARAH HINDU, BUDDHA, DAN ISLAM DI INDONESIA KELAS V SDN TEMPUREJO 01 KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Abstract
Melalui pembelajaran IPS diharapkan siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan yang
relevan dengan kepentingan serta tingkat  usianya, karena  anak kelompok usia 7-11
tahun  berada  dalam  perkembangan  kemampuan  intelektual  tingkat  operasional
konkrit. Pengamatan yang  dilakukan  peneliti  pada  tanggal  20 juli  2011 terhadap
masalah belajar siswa di SD Negeri Tempurejo 01 adalah rendahnya motivasi belajar
siswa kelas V dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial   (IPS). Motivasi
belajar siswa pada mata pelajaran IPS yang  tergolong dalam kategori  rendah yaitu
55,2 %, perolehan hasil belajar siswa juga rendah jika dibandingkan dengan KKM
yang ditetapkan oleh Sekolah.   Rendahnya motivasi dan hasil belajar tersebut tidak
terlepas  dari  penggunaan  metode  pembelajaran  yang  dipakai  guru  tidak
menyesuaikan  dengan  perkembangan  siswa  dan  karakteristik  pelajaran.  Model
Selecting,  Organizing,  integrating (SOI)  relevan  untuk  dikembangkan  dalam
pendidikan  IPS  di  SD,  melalui  pendekatan  SOI diharapkan  para  siswa  dapat
mengkonstruksi  pengetahuan yang sesuai dengan kepentingan serta tingkat  usianya
sekaligus  dapat  mengembangkan keterampilan  sosial siswa.  Berdasarkan  latar
belakang diatas,  maka permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah
peningkatan motivasi  belajar siswa dengan menggunakan  model  belajar SOI pada
siswa Kelas V Semester I SDN Tempurejo 01 Kabupaten Jember  Tahun pelajaran
2011/2012 pada Mata Pelajaran IPS Pokok bahasan Peninggalan sejarah Kerajaan
Hindu, Buddha dan Islam di Indonesia ? (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar
siswa dengan menggunakan model belajar SOI pada siswa Kelas V Semester I SDN
Tempurejo 01 Kabupaten Jember  Tahun pelajaran 2011/2012 pada Mata Pelajaran 
IPS  Pokok  bahasan  Peninggalan  sejarah  Kerajaan  Hindu,  Buddha  dan  Islam di
Indonesia ?
Penelitian ini  diharapkan dapat bermanfaat bagi siswa,  guru, peneliti lain dan
personal  sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk  untuk meningkatkan motivasi  dan
hasil  belajar  siswa dengan menggunakan  model  belajar  SOI  pada siswa kelas  V
Semester  I  SDN Tempurejo  01  Semester  I  Kabupaten  Jember  tahun  pelajaran
2011/2012 pada mata  pelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Kerajaan
Hindu,  Buddha  dan  Islam di  Indonesia. Penelitian  dilaksanakan  di  SD Negeri
Tempurejo 01 kelas V Semester  I Tahun Pelajaran  2011/2012 yang terdiri  dari  40
siswa,  19 siswa perempuan, 21 siswa laki-laki.  Metode pengumpulan data melalui
wawancara,  observasi,  dokumentasi  dan  tes.  Teknik analisa data yang digunakan
adalah deskriptif kualitatif .
Pengambilan data dilakukan mulai  tanggal  21 Nopember  sampai  05 Desember
2011.  Data  yang  dikumpulkan  berupa  motivasi dan  hasil  belajar  siswa.  Hasil
pengamatan  peneliti diperoleh  persentase  motivasi siswa  pada  kegiatan  prasiklus
adalah  55,2%,  siklus  I  adalah  66,7% dan  Siklus  II  sebesar  74  %.  Berdasarkan
ketuntasan hasil belajar siswa pada tes prasiklus adalah 61,3%, siklus I sebesar 71,2%
dan  Siklus  II  sebesar  76,6%.  Analisa hasil  belajar  pada  siklus  I  dan  siklus  II
menunjukkan bahwa kelas V telah mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar
IPS.
Kesimpulan dari penelitian adalah model pembelajaran(SOI) dapat meningkatkan
motivasi dan hasil belajar siswa dan efektif digunakan pada pembelajaran IPS kelas V
pokok bahasan  Peninggalan  sejarah  Hindu,  Buddha,  Islam di  Indonesia.  Dengan
melihat  adanya  peningkatan motivasi  dan hasil  belajar  siswa,  diharapkan personal
sekolah  khususnya  guru  dapat  menggunakan  pembelajaran  Selecting,  organizing,
integrating (SOI) sebagai alternatif apabila menemukan permasalahan pembelajaran
yang sama di dalam kelas serta dapat digunakan peneliti lain sebagai masukan untuk
melakukan  penelitian  sejenis  yang  lebih  lanjut  tentang  pembelajaran  IPS
menggunakan model belajar SOI.