Show simple item record

dc.contributor.authorELOK FAIQOH
dc.date.accessioned2013-12-19T02:56:53Z
dc.date.available2013-12-19T02:56:53Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM090210204130
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10293
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran melengkapi cerita rumpang memerlukan pemahaman terhadap kaidah-kaidah dalam menulis atau membuat sebuah karangan. Keterampilan menulis siswa perlu ditingkatkan agar siswa mampu menulis dengan baik dan benar. Siswa akan mampu mengekspresikan perasaan, pikiran dan gagasannya untuk hal-hal yang positif melalui bahasa tulis. Kemampuan melengkapi cerita rumpang pada siswa kelas IV SDN Mlokorejo 03 kurang baik. Hal ini terlihat dari ketidakmampuan siswa dalam menyesuaikan kalimat dengan cerita, dalam memilih kata dan dalam mengembangkan kalimat dalam cerita. Hal ini mempengaruhi ketuntasan belajar yaitu dari 21 siswa, hanya 4 siswa yang tuntas belajar Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam melengkapi cerita rumpang dibutuhkan pembelajaran yang lebih bervariasi untuk membantu siswa mengemukakan idenya dalam bentuk tulisan. Selain metode, media pembelajaran juga penting dalam proses belajar mengajar. Media gambar adalah salah satu media yang mudah pengadaannya serta media yang banyak diminati siswa. Dengan media gambar, siswa dibantu untuk mengungkapkan pikirannya dalam bentuk tulis. Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, maka penelitian ini mengangkat permasalahan kelas IV SDN Mlokorejo 03 setelah diterapkan penggunaan media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk Penelitian ini dilakukan di SDN Mlokorejo 03 kecamatan Puger kabupaten Jember. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 21 anak, terdiri atas 12 laki-laki dan 9 perempuan. Penelitian ini menggunakan model Hopkins yang meliputi : perencanaan, refleksi, tindakan, dan observasi untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang menggunakan empat teknik diantaranya tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah dilakukan pembelajaran melengkapi cerita rumpang dengan media gambar pada siklus I, siswa sudah mampu menyesuaikan kalimat dengan cerita, siswa juga sudah mampu memilih kata untuk melengkapi cerita rumpang, hanya saja siswa kurang mampu dalam mengembangkan kalimat hal ini akan diperbaiki pada siklus II. Rerata siswa naik dari 50 menjadi 55,2 pada siklus I ini. Dengan media gambar yang berbeda dari siklus I, pada siklus II guru lebih banyak membimbing siswa dalam mengembangkan kalimat dengan cara melakukan tanya jawab dan rerata siswa naik dari 55,4 menjadi 66,6. Dari peningkatan rerata ini terbukti bahwa dengan penerapan media gambar dalam pembelajaran melengkapi cerita rumpang dapat meningkatakan hasil belajar siswa. Diharapakan penelitian ini dapat menjadi referensi untuk mengembangkan pendidikan, agar semua pihaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204130;
dc.subjectCerita Rumpang dengan Bantuan Media Gambaren_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS: MELENGKAPI CERITA RUMPANG DENGAN BANTUAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SDN MLOKOREJO 03 KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record