• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Miskonsepsi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sifat-Sifat Segiempat Ditinjau Dari Level Van Hiele

    Thumbnail
    View/Open
    Zulfa Ira Musyarofah - 160210204081.pdf-.pdf (2.473Mb)
    Date
    2020-10-13
    Author
    MUSYAROFAH, Zulfa IRA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan kepada peserta didik dari jenjang Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. R. Soedjadi (2003:11) menyatakan bahwa, matematika adalah cabang ilmu eksak dan teroganisir secara sistematik. Pembelajaran matematika sering diberikan dalam bentuk soal kepada siswa, tetapi seringkali siswa mengalami kesulitan dan kesalahan sehingga terjadi miskonsepsi dalam mengerjakan soal matematika. Miskonsepsi sering diartikan kesalahan memahami konsep. Menurut Suparno (2005), mendefinisikan miskonsepsi sebagai konsep yang tidak sesuai dengan pengertian ilmiah atau pengertian yang diterima dalam bidang yang terkait. Suparno (2013:8) menyatakan bahwa, miskonsepsi merupakan suatu konsep yang tidak sesuai dengan konsep yang diakui oleh para ahli. Miskonsepsi secara keseluruhan dan rinci merupakan pengertian yang tidak akurat tentang konsep, penguasaan konsep yang salah, klasifikasi contoh yang salah tentang penerapan konsep, hubungan konsep-konsep yang tidak benar dan pemaknaan konsep yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gondangmanis Jombang dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai subjek. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa dalam menyelesaikan soal sifat-sifat segiempat ditinjau dari level van Hiele. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes sifat-sifat segiempat dan soal tes klasifikasi van Hiele dan wawancara. Siswa mengerjakan soal tes klasifikasi level berpikir van Hiele untuk mengetahui siswa masuk dalam kategori level apa dan soal tes sifat-sifat segiempat untuk mengetahui miskonsepsi pada siswa. Selanjutnya yaitu dilakukan wawancara kepada siswa dari level pra visualisasi, siswa level visualisasi dan siswa level analisis untuk mendukung data yang telah diperoleh dari tes.Berdasarkan hasil tes yang telah dilaksanakan, dari 15 siswa terdapat 26,66% siswa level pra-visualisasi. Siswa level pra-visualisasi kecenderungan tidak menjawab soal dan mengalami kategori miskonsepsi klasifikasional yaitu siswa melakukan kesalahan dalam menentukan klasifikasi antar segiempat. Terdapat 46,67% siswa level visualisasi. Siswa level visualisasi mengalami miskonsepsi korelasional dengan kecenderungan siswa tidak mampu menjelaskan hubungan antar segiempat. Terdapat 26,66% siswa level analisis. Siswa level analisis mengalami miskonsepsi teoritikal yaitu siswa dengan kecenderungan tidak mampu mendefinidikan konsep segiempat.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102789
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository