• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS VIIIA MTs NEGERI 1 SITUBONDO MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT)

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_1.pdf (94.69Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Irfia Fitroh Riyadhini
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIIA MTs Negeri 1 Situbondo pada tanggal 12 Mei 2011 sampai dengan 26 Mei 2011 yang terdiri atas 30 siswa. Siswa dibagi menjadi 6 kelompok yang heterogen. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa penilaian keterampilan berbicara siswa dan aktivitas siswa saat melakukan kegiatan diskusi. Pada siklus I aktivitas siswa secara klasikal mencapai 46% dan penilaian keterampilan berbicara siswa secara individu mencapai 51,43% serta presentase ketuntasan klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II, aktivitas siswa secara klasikal mencapai 67,43%, dan penilaian keterampilan berbicara siswa secara individu mencapai 94,29% serta persentase ketuntasan klasikal sebesar 77% sehingga telah memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) MTs Negei 1 Situbondo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan keterampilan berbicara dan aktivitas belajar dalam kegiatan diskusi. Peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 21,43% sedangkan hasil belajar secara klasikal dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 42,86%. Penerapan model Numbered Heads Together (NHT) dapat menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan, dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan aktivitas dan melatih keterampilan berbicara siswa dengan cara pembentukan kerjasama yang baik sehingga dapat saling membantu kesulitan yang dihadapi satu sama lain, serta dapat meningkatkan keakraban siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10254
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository