Show simple item record

dc.contributor.authorBarkhahtiah Nia Hapsari
dc.date.accessioned2013-12-19T01:49:48Z
dc.date.available2013-12-19T01:49:48Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204163
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10252
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Wonorejo 02 Probolinggo kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga motivasi dan hasil belajar siswa rendah. Hal tersebut dikarenakan guru menggunakan metode pembelajaran yang kurang bervariasi, sehingga menyebabkan siswa kurang termotivasi dan kurang bergairah ketika dihadapkan dengan pembelajaran IPS. Penggunaan media yang sangat minim juga menyebabkan ketidakberhasilan dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo, sehingga pembelajaran IPS itu tidak menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Berdasarkan masalah di atas, maka penelitian ini menggunakan media gambar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V semester genap SDN Wonorejo 02 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011?. Berdasarkan Rumusan Masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pelajaran IPS pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V semester genap SDN Wonorejo 02 Probolinggo Tahun Pelajaran 2010/2011. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo yang terdiri dari 17 siswa. Siswa dibagi menjadi 4 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai hari Senin, 23 Mei 2011 sampai dengan 21 Juni 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN Wonorejo 02 Probolinggo. Data yang dikumpulkan berupa penilaian motivasi dan tes individu siswa. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa sebesar 49,02% dalam kategori cukup baik, sedangkan pada siklus II sebesar 65,20% dalam kategori baik. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64,41% dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 47,06%. Pada siklus II, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 73,24%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,24% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Wonorejo 02 Probolinggo. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan motivasi dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Peningkatan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 16,18%, sedangan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 8,83% dan ketuntasannya sebesar 41,18%. Oleh karena itu penelitian di SDN Wonorejo 02 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan media gambar, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran, siswa hendaknya lebih bersemangat dan aktif dalam mencari informasi, serta menjadi masukan bagi penelitian sejenis dengan pokok bahasan yang lebih luas.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204163;
dc.subjectMotivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Pokok Bahasan Perjuanganen_US
dc.titlePENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS V SEMESTER GENAP SDN WONOREJO 02 PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record