Perencanaan Pembelajaran Fisika: MODEL-MODEL PEMBELAJARAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA
Abstract
Pada hakikatnya mengajar itu merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Dalam RPP biasanya memuat beberapa tujuan pembelajaran dan
untuk mencapai tujuan tersebut perlu komponen proses pembelajaran. Model pembelajaran adalah
salah satu komponen proses yang memuat komponen-komponen proses lain (pendekatan, strategi,
metode, teknik, dan taktik). Oleh Karena itu, modul tentang model-model pembelajaran perlu dibuat
untuk bahan materi perkuliahan pada matakuliah kelompok Proses Belajar Mengajar (MKPBM),
utamanya untuk Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi (Fisika).
Matakuliah Perencanaan Pembelajaran Fisika adalah salah satu matakuliah yang ada pada
kelompok MKPBM yang ada di Program Studi Pendidikan Fisika PMIPA FKIP Universitas Jember.
Matakuliah ini diberikan pada mahasiswa semester V dengan bobot satuan kredit semester 3. Semua
Kompetensi yang ditargetkan pada matakuliah ini mengarah pada pemahaman dan keterampilan
mahasiswa dalam merencanakan dan mengimplementasikan pembelajaran utamanya untuk
pembelajaran fisika sekolah menengah. Salah satu komponen yang perlu direncanakan adalah
komponen proses pembelajaran. Dalam mengembangkan komponen proses mahasiswa harus paham
dengan model-model pembelajaran agar mereka dapat menentukan model yang tepat atau sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan. Untuk itu, perlu bahan ajar atau modul yang dapat
membantu mahasiswa untuk mempermudah dalam penentuan model pembelajaran. Oleh karena itu,
penulisan modul ini perlu dilakukan agar dapat membantu mahasiswa dalam mencapai target
pembelajaran di atas. Modul ini diberi judul “Model-model Pembelajaran dan Implementasinya dalam
Pembelajaran Fisika”. Modul ini terdiri atas lima modul, yaitu Modul 1 tentang Komponen Proses dan
Hakikat Model Pembelajaran, Modul 2 tentang Unsur-unsur dalam Model Pembelajaran, Modul 3
tentang Rumpun Model Pembelajaran, modul 4 tentang Ciri-ciri Model-model Pembelajaran, dan modul
5 tentang Azas-azas Memilih Model Pembelajaran.