dc.description.abstract | Pelaksanaan pelayanan seiring dengan berkembangnya waktu juga mulai
memperhatikan tuntutan dari masyarakat, tuntutan tersebut tidak hanya dilihat dari
kuantitas pelayanan tetapi juga dari kualitas pelayanan. Pelayanan diharapkan bisa
memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pelanggan atau pengguna jasa agar
dapat dikatakan sebagai pelayanan yang berkualitas. Sebagai pihak yang ingin
memperoleh pelayanan yang baik dan memuaskan. Kualitas pelayanan merupakan
gambaran dari seberapa baik suatu organisasi dalam memenuhi kebutuhan
masyarakat. Kualitas pelayanan dapat diukur dari lima dimensi yaitu: bukti langsung
(tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan
(assurance), dan empati (emphaty). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
bagaimana kualitas pelayanan yang diberikan oleh organisasi publik dalam penelitian
ini puskesmas kepada masyarakat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptiff. Lokasi penelitian di
Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Teknik pengambilan sampel dengan
menggunakan teknik nonpropability sampling dengan lebih sepesifik mengunakan
sampling incidental. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data ServQual.
ServQual merupakan perhitungan dari skor persepsi pelanggan (percevide service)
dikurangi skior harapan pelanggan (expected service). Dimana jika nilai hitung
ServQual menghasilkan skor positif maka pelayanan yang diberikan dikatakan sangat
baik, apabila menghsailkan skor nol (0) maka pelayanan yang diberikan baik, dan
apabila mendapatkan skor negatif maka pelayanan yang diberikan dikatakan tidak
baik.
Hasil dari perhitungan untuk persepsi pasien terhadap lima dimensi kualitas
pelayanan pada instalasi rawat jalan memperoleh skor 86,90 sedangkan hasil
perhitungan dari harapan pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada
instalasi rawat jalan memperoleh skor 96,65. Sehingga perhitungan ServQual pada
instalasi rawat jalan menghasilkan skor -9,75. Dengan demikian kualitas pelayanan
yang terdapat pada puskesmas Sumbersari untuk pelayanan rawat jalan adalah tidak
baik.
Hasil perhitungan untuk persepsi pasien terhadap lima dimensi kualitas
pelayanan pada instalasi rawat inap mendapatkan skor 68,80 sedangkan hasil
perhitungan untuk harapan pasien terhadap lima dimensi kualitas pelayanan pada
instalasi rawat inap memperoleh skor 97,82. Sehingga perhitungan ServQual pada
instalasi rawat inap menghasilkan skor -29,02. Dengan demikian kualitas pelayanan
yang terdapat pada puskesmas Sumbersari di Kabupaten Jember untuk pelayanan
rawat inap adalah tidak baik. | en_US |