Show simple item record

dc.contributor.advisorSATRIJONO, Hari
dc.contributor.advisorKURNIASIH, Fitria
dc.contributor.authorASTUTI, Anggun Winny
dc.date.accessioned2020-11-02T02:34:52Z
dc.date.available2020-11-02T02:34:52Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101487
dc.description.abstractPendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. Seorang guru memiliki tugas untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan etika dan sikap (ranah afektif) dalam diri peserta didik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan karakter maupun pendidikan moral. Pendidikan karakter memiliki hubungan yang erat dengan pendidikan moral, dimana tujuannya adalah untuk membentuk kemampuan dan kepribadian setiap individu secara terus menerus guna penyempurnaan diri kearah yang lebih baik lagi. Pembentukan pendidikan karakter dan pendidikan moral dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan melalui pembelajaran cerita, salah satunya yaitu cerita rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati dan bagaimanakah pemanfaatan telaah unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati sebagai alternatif materi ajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati dan mendeskripsikan pemanfaatan unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati sebagai alternatif materi ajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah buku Cerita Rakyat Nusantara karya Desi Rachmawati, buku guru, serta buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas IV SD Semester 1 yang mengindikasikan pemanfaatan hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap mereduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu tema yang terdapat dalam 5 cerita tersebut berbeda-beda. Terdapat tema tentang perbuatan yang tidak baik akan merugikan dan tema tentang perbuatan yang baik akan memberikan keuntungan. Watak dari tokoh utama juga beragam. Pak Toba memiliki watak mandiri dan giat bekerja, namun suka mengingkari janji. Bawang Merah memiliki watak jahat, serakah, dan pemalas, sedangkan Bawang Putih memiliki watak baik hati, penyabar, dan rajin. Malin Kundang memiliki watak rajin, pemberani, dan penyayang, namun sombong. Timun Mas memiliki watak cerdas, pemberani, dan pantang menyerah. Putri Kandita memiliki watak penyabar. Watak dari tokoh tambahan berbedabeda, yaitu baik hati, jahat, serakah, sombong, menolong tanpa pamrih, sabar, ramah, setia, dan juga penyayang. Latar yang terdapat dalam 5 cerita tersebut lengkap, meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana yang ada dalam cerita. Setiap cerita memiliki pesan-pesan moral yang ingin disampaikan melalui perilaku positif yang dapat diteladani. Pesan-pesan moral dan perilaku positif tersebut biasanya disampaikan dalam amanat. Cerita rakyat yang dikaji menunjukkan bahwa setiap cerita mengandung nilai-nilai moral yang dapat membantu membelajarakan nilai keagamaan maupun nilai sosial kepada peserta didik. Cerita rakyat ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar di Sekolah Dasar yaitu di kelas IV pada KD 3.5 yang berisi tentang menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya) serta KD 4.5 yang berisi tentang mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan yang terdapat pada semester 1 Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, diharapkan penelitian ini dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bahan alternatif materi ajar di sekolah dasar khususnya dalam materi unsur intrinsik. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memperbanyak buku bacaan siswa di perpustakaan sekolah, terutama buku bacaan cerita Rakyat Nusantara. Bagi peneliti lain, diharapkan Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebagai pertimbangan untuk mengadakan penelitian sejenis, yaitu meneliti struktur unsur intrinsik dari karya yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries160210204145;
dc.subjectIntrinsiken_US
dc.subjectCerita Rakyat Nusantaraen_US
dc.subjectAlternatifen_US
dc.titleUnsur-Unsur Intrinsik Dalam Cerita Rakyat Nusantara Karya Desy Rachmawati Serta Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Siswa Kelas IVen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiFKIP


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record