• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Unsur-Unsur Intrinsik Dalam Cerita Rakyat Nusantara Karya Desy Rachmawati Serta Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Ajar Siswa Kelas IV

    Thumbnail
    View/Open
    ANGGUN WINNY ASTUTI - 160210204145_.pdf (7.240Mb)
    Date
    2020
    Author
    ASTUTI, Anggun Winny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. Seorang guru memiliki tugas untuk membantu peserta didik dalam mengembangkan etika dan sikap (ranah afektif) dalam diri peserta didik. Hal tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran pendidikan karakter maupun pendidikan moral. Pendidikan karakter memiliki hubungan yang erat dengan pendidikan moral, dimana tujuannya adalah untuk membentuk kemampuan dan kepribadian setiap individu secara terus menerus guna penyempurnaan diri kearah yang lebih baik lagi. Pembentukan pendidikan karakter dan pendidikan moral dalam kegiatan pembelajaran dapat dilakukan melalui pembelajaran cerita, salah satunya yaitu cerita rakyat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa sajakah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati dan bagaimanakah pemanfaatan telaah unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati sebagai alternatif materi ajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati dan mendeskripsikan pemanfaatan unsur-unsur intrinsik Cerita Rakyat Nusantara karya Desy Rachmawati sebagai alternatif materi ajar untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian adalah buku Cerita Rakyat Nusantara karya Desi Rachmawati, buku guru, serta buku siswa kurikulum 2013 edisi revisi 2017 kelas IV SD Semester 1 yang mengindikasikan pemanfaatan hasil penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Proses analisis data yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap mereduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu tema yang terdapat dalam 5 cerita tersebut berbeda-beda. Terdapat tema tentang perbuatan yang tidak baik akan merugikan dan tema tentang perbuatan yang baik akan memberikan keuntungan. Watak dari tokoh utama juga beragam. Pak Toba memiliki watak mandiri dan giat bekerja, namun suka mengingkari janji. Bawang Merah memiliki watak jahat, serakah, dan pemalas, sedangkan Bawang Putih memiliki watak baik hati, penyabar, dan rajin. Malin Kundang memiliki watak rajin, pemberani, dan penyayang, namun sombong. Timun Mas memiliki watak cerdas, pemberani, dan pantang menyerah. Putri Kandita memiliki watak penyabar. Watak dari tokoh tambahan berbedabeda, yaitu baik hati, jahat, serakah, sombong, menolong tanpa pamrih, sabar, ramah, setia, dan juga penyayang. Latar yang terdapat dalam 5 cerita tersebut lengkap, meliputi latar tempat, latar waktu, dan latar suasana yang ada dalam cerita. Setiap cerita memiliki pesan-pesan moral yang ingin disampaikan melalui perilaku positif yang dapat diteladani. Pesan-pesan moral dan perilaku positif tersebut biasanya disampaikan dalam amanat. Cerita rakyat yang dikaji menunjukkan bahwa setiap cerita mengandung nilai-nilai moral yang dapat membantu membelajarakan nilai keagamaan maupun nilai sosial kepada peserta didik. Cerita rakyat ini dapat dimanfaatkan sebagai alternatif materi ajar di Sekolah Dasar yaitu di kelas IV pada KD 3.5 yang berisi tentang menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya) serta KD 4.5 yang berisi tentang mengomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan yang terdapat pada semester 1 Tema 4 Berbagai Pekerjaan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan adalah bagi guru, diharapkan penelitian ini dapat dipertimbangkan untuk digunakan sebagai bahan alternatif materi ajar di sekolah dasar khususnya dalam materi unsur intrinsik. Bagi kepala sekolah, diharapkan dapat memperbanyak buku bacaan siswa di perpustakaan sekolah, terutama buku bacaan cerita Rakyat Nusantara. Bagi peneliti lain, diharapkan Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai sebagai pertimbangan untuk mengadakan penelitian sejenis, yaitu meneliti struktur unsur intrinsik dari karya yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/101487
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15276]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository