dc.description.abstract | Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban (liabilities) merek yang terkait
dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang
diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan/atau pelanggan perusahaan
tersebut. Angka Bed Occupancy Rate (BOR) RS Tk. III Baladhika Husada Jember selama 3
tahun tersebut belum memenuhi standar optimal dan menunjukkan bahwa masyarakat
masih kurang memanfaatkan pelayanan rawat inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk
menggambarkan persepsi pasien instalasi rawat inap mengenai brand equity Rumah Sakit
Tingkat III Baladhika Husada Jember Tahun 2018. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berjenis kelamin
perempuan, berada pada kelompok usia >45 tahun, bertempat tinggal di Jember,
pendidikan terakhir tamat SD/Sederajat, pekerjaan Ibu Rumah Tangga (IRT), penghasilan
keluarga berkisar antara Rp 1,1 Juta – Rp 2 Juta dan cara pembayaran pengobatan
menggunakan asuransi BPJS Kesehatan. Variabel kesadaran merek sudah cukup baik
karena mayoritas responden menjadikan RS Tk. III Baladhika Husada Jember sebagai puncak pikiran. Berdasarkan asosiasi merek melalui atribut produk, atribut tak berwujud,
manfaat bagi pengguna, harga relatif, dan penggunaan/aplikasi sudah dalam kategori baik.
Berdasarkan persepsi kualitas melalui kinerja, pelayanan, keandalan, karakteristik
produk, kesesuaian dengan spesifikasi dan hasil sudah dalam kategori baik. Berdasarkan
loyalitas merek didominasi oleh satisfied buyer (pembeli yang puas dengan biaya
peralihan). | en_US |